Logo Bloomberg Technoz

Dukungan dewan pengawas ini muncul setelah seruan bipartisan agar Shafik mundur. Seruan tersebut  dipimpin oleh anggota DPR dari Partai Republik, Elise Stefanik dari New York, dan Senator Tim Scott (anggota Partai Republik dari Carolina Selatan) dan John Fetterman (anggota Partai Demokrat dari Pennsylvania). Mereka merujuk pada penanganan Shafik terhadap antisemitisme dan masalah keamanan di kampus.

Senada dengan kerusuhan yang terjadi di Universitas Columbia, serangkaian demonstrasi telah terjadi di seluruh perguruan tinggi AS. Termasuk di institusi Ivy League seperti Harvard dan Yale, serta University of Michigan dan University of California di Berkeley.

Ketegangan meningkat pada Rabu malam saat aparat penegak hukum, beberapa di antaranya menunggangi kuda, menangkap puluhan pengunjuk rasa pro-Palestina di University of Texas di Austin. Adegan serupa terjadi di University of Southern California di Los Angeles, di mana demonstrasi untuk mendukung Palestina juga berujung pada penangkapan di kampus.

Para pengunjuk rasa telah bersatu untuk menuntut agar perguruan tinggi menarik investasi dari perusahaan-perusahaan yang memiliki hubungan dengan Israel, diakhirinya bantuan militer AS, dan dihentikannya tindakan disipliner terhadap mahasiswa yang berunjuk rasa.

Ketua DPR dari Partai Republik, Mike Johnson, mengunjungi Columbia pada Rabu untuk bertemu dengan mahasiswa Yahudi. Dia menyampaikan pidato tentang apa yang disebut kantornya sebagai "peningkatan antisemitisme yang mengkhawatirkan di kampus-kampus perguruan tinggi Amerika."

Johnson, yang berbicara sambil menghadap ke arah perkemahan para demonstran di Universitas Columbia, mengatakan jika ancaman terus berlanjut, Presiden Joe Biden mungkin perlu memanggil Garda Nasional.

"Kita tidak bisa membiarkan kebencian dan antisemitisme semacam ini berkembang, dan kita harus menghentikannya," kata Johnson. Sementara beberapa mahasiswa mencemooh dan meneriakkan slogan-slogan pro-Palestina.

(bbn)

No more pages