Logo Bloomberg Technoz

Blinken Tiba di China, Bahas Dukungan Rusia hingga Sanksi Baru

News
25 April 2024 12:10

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ( Andrea Verdelli/Bloomberg)
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ( Andrea Verdelli/Bloomberg)

Iain Marlow - Bloomberg News

Bloomberg, Menteri Luar Negeri Antony Blinken telah tiba di China dalam misi untuk menekan Beijing terkait isu-isu rumit. Termasuk dukungan China terhadap Rusia dan kapasitas industri berlebih, dengan ancaman sanksi baru dari AS yang membayangi kunjungannya.

Diplomat tertinggi AS ini akan mengadakan pembicaraan dengan pejabat senior Partai Komunis di pusat ekonomi Shanghai pada Kamis (25/04/2024). Setelahnya dia akan menuju ke Beijing untuk pertemuan hari terakhir, termasuk kemungkinan pertemuan tatap muka dengan Presiden Xi Jinping.

Blinken akan mencoba meyakinkan para pejabat China untuk menghentikan perdagangan yang memungkinkan basis industri pertahanan Rusia dibangun kembali, meskipun ada pembatasan dari negara-negara barat setelah invasi mereka ke Ukraina. Juga termasuk dalam agenda yang akan dibahas, menurut seorang pejabat AS, adalah klaim teritorial Beijing atas pulau Taiwan yang merdeka dan agresinya di Laut China Selatan.

Musim pemilihan umum (pemilu) AS yang penuh dengan sikap keras menguji stabilitas hubungan yang dibentuk oleh Xi dan Presiden Joe Biden tahun lalu. Pekan lalu, pemimpin AS tersebut mengecam Beijing sebagai "xenofobia," menjanjikan lebih banyak tarif terhadap China, dan membuka penyelidikan terhadap industri kapal negara Asia tersebut.