Logo Bloomberg Technoz

Sejauh ini tanggapan Partai Komunis yang berkuasa terhadap serangan dagang terbaru ini terbatas pada pembicaraan alot dan tarif balasan yang simbolis. Xi berusaha untuk menarik kembali investor asing ke China dan menghidupkan kembali perekonomian terbesar kedua di dunia ini, karena menghadapi krisis properti berkepanjangan dan serangkaian penyelidikan perdagangan dari Uni Eropa.

"Anda sering melihat respons China yang paling aktif pada saat mereka merasa berdaya dan kuat," kata Jude Blanchette, seorang ahli China dan investasi asing di Pusat Studi Internasional dan Strategis Washington. "Saat ini, kepemimpinan di Beijing harus menyelesaikan banyak masalah."

Menambah kekhawatiran tersebut adalah ancaman sanksi baru. Awal bulan ini, Menteri Keuangan Janet Yellen mengatakan kepada pejabat di Beijing bahwa bank-bank China yang membantu upaya perang Rusia dapat menghadapi sanksi baru AS, saat dia mengungkapkan keprihatinan kepada para pemimpin utama tentang kapasitas berlebih China. Menjelang kunjungan Blinken, media negara China mengkritik adanya kontradiksi dalam upaya menstabilkan hubungan sambil meningkatkan persaingan perdagangan.

"Mengapa pihak AS mengubah kunjungan biasa menjadi seperti ultimatum?" tulis surat kabar Global Times milik Partai Komunis dalam sebuah editorial. "Jika masalah ini tidak diselesaikan, itu seperti berjalan di malam hari dengan mata tertutup dan akan mudah mengarah pada kesalahan dan bahkan bahaya."

Blinken mendarat di China hanya beberapa jam setelah Senat mengesahkan paket bantuan darurat US$95 miliar untuk Ukraina, Israel, dan Taiwan, yang juga bisa mengarah pada larangan aplikasi berbagi video populer TikTok kecuali ia memisahkan diri dari perusahaan induk di China, ByteDance Ltd. Biden menandatangani paket tersebut menjadi undang-undang pada Rabu.

Delegasi AS akan berusaha untuk mengomunikasikan kebijakan dengan jelas kepada Beijing guna mencegah eskalasi ketegangan. Dalam beberapa minggu terakhir, AS bertemu dengan sekutu Eropa dan Asia untuk membahas China. Kunjungan Blinken juga bersamaan dengan latihan militer AS dan Filipina di dekat Laut China Selatan dan Taiwan yang disengketakan.

Para pejabat AS kemungkinan tidak akan mendapatkan banyak terobosan konkret atau hasil nyata dari pertemuan minggu ini. Meski ada tanda-tanda bahwa hubungan telah stabil, kedua negara terus berselisih terkait isu-isu yang mencakup perdagangan, teknologi, hak asasi manusia, Ukraina, Korea Utara, dan Timur Tengah, di mana Blinken telah mencoba untuk melibatkan Beijing dalam menekan Iran.

Delegasi besar yang melakukan perjalanan dengan Blinken menekankan berbagai topik yang akan dibahas di Shanghai dan Beijing minggu ini. 

Dia didampingi oleh Daniel Kritenbrink, asisten menteri luar negeri untuk urusan Asia Timur dan Pasifik; Sarah Beran, direktur senior Dewan Keamanan Nasional untuk urusan China dan Taiwan; Elizabeth Allen, wakil menteri untuk diplomasi publik dan urusan publik; Todd Robinson, asisten menteri luar negeri untuk urusan narkotika internasional dan penegakan hukum; serta Nathan Fick, duta besar khusus untuk kebijakan siber dan digital.

(bbn)

No more pages