Logo Bloomberg Technoz

Viral SPBU Tidak Lagi Jual Pertalite, Ini Penjelasan Pertamina

Dovana Hasiana
24 April 2024 08:30

Petugas mengisi BBM jenis Pertalite di SPBU Pertamina Rest Area Tol Tangerang-Jakarta KM 14, Senin (1/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Petugas mengisi BBM jenis Pertalite di SPBU Pertamina Rest Area Tol Tangerang-Jakarta KM 14, Senin (1/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pertamina Patra Niaga, subholding commercial and trading PT Pertamina (Persero), mengatakan banyak stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang memang hanya menjual bahan bakar minyak (BBM) jenis nonsubsidi.

Pernyataan ini dilontarkan untuk menanggapi kabar bahwa terdapat salah satu SPBU di Jakarta Barat yang tidak lagi menjual Pertalite dan beralih menawarkan Pertamax Green 95 yang dibanderol dengan harga Rp13.900/liter.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan permintaan Pertamax Green pada tingkat konsumen mengalami pertumbuhan, meski belum terlalu besar.

Pertumbuhan itu yang pada akhirnya mendorong Pertamina menambah penyediaan BBM dengan research octane number (RON) 95 dan etanol 5% tersebut di beberapa daerah sesuai dengan pasar.

Konsumen membeli Pertalite di SPBU Pertamina./Bloomberg-Dimas Ardian

“Saat ini tersebar 63 outlet Pertamax Green di Jabodetabek dan Jawa Timur. [Sementara itu,] kita ada sekitar 7.800 SPBU reguler dari total 15.000 lembaga penyalur BBM,” ujar Irto saat dihubungi Bloomberg Technoz, Selasa (23/4/2024) petang.