Logo Bloomberg Technoz

Tesla juga menjaga ekspektasi pertumbuhan jangka pendeknya, dengan mengatakan pengiriman mungkin lebih rendah dibandingkan tahun lalu.

“Pada 2024, tingkat pertumbuhan volume kendaraan kami mungkin akan jauh lebih rendah daripada tingkat pertumbuhan yang dicapai pada 2023, karena tim kami sedang berupaya meluncurkan kendaraan generasi berikutnya dan produk lainnya,” katanya.

Strategi pembuat kendaraan listrik ini telah kacau pada sebagian besar 2024. Mereka menghabiskan setahun terakhir memangkas harga di seluruh jajaran produknya dalam upaya untuk meningkatkan volume penjualan, namun ternyata permintaan kendaraannya melambat.

Yang menambah kesengsaraan Tesla adalah keputusan Musk yang tiba-tiba untuk menggunakan robotaxi khusus yang tidak memiliki persetujuan peraturan dan mungkin kemampuan teknologinya. Investor memperkirakan perusahaan akan fokus pada model baru seharga US$25.000 yang telah dijanjikan Musk untuk diproduksi sebelum akhir tahun depan.

Tesla tidak memberikan batas waktunya, namun mengatakan pihaknya terus mengupayakan proses manufaktur “tanpa kotak” berbasis modul baru untuk model robotaxi yang dijanjikan.

Sebagai cerminan dari masa yang lebih sulit, Tesla mencatat bahwa model-model baru tersebut akan dibangun di jalur manufaktur yang ada di pabrik-pabrik saat ini untuk memaksimalkan kapasitas dan tumbuh “secara hati-hati.”

Belum jelas apakah janji Tesla mengenai “model yang lebih terjangkau” mengacu pada mobil berbiaya rendah yang telah lama dibicarakan, kadang-kadang dijuluki Model 2.

Banyak investor melihat hal ini sebagai cara untuk membantu membangkitkan antusiasme baru terhadap jajaran produknya dan menarik perhatian baru. pelanggan.

“Kendaraan terjangkau ini masih direncanakan untuk diproduksi,” kata Seth Goldstein, ahli strategi ekuitas di Morningstar.

Produsen mobil ini tetap menjadi pembuat kendaraan listrik yang dominan di pasar AS, tetapi keuntungannya berada di bawah tekanan selama beberapa kuartal.

Margin kotor otomotif Tesla – ukuran utama profitabilitas – adalah 16,4% pada kuartal pertama, lebih kecil dari perkiraan Wall Street sebesar 17,6%. Itu jauh dari margin puncak 30% yang dilaporkan pada awal 2022.

Awal bulan ini, Tesla memulai PHK terbesar yang pernah terjadi, memangkas lebih dari 10% posisi – meskipun Bloomberg telah melaporkan bahwa perusahaan pada akhirnya mungkin akan memecat sekitar 20% stafnya.

Pada saat yang sama, dua eksekutif senior mengundurkan diri, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang siapa yang bertanggung jawab atas inisiatif-inisiatif utama.

Musk kemungkinan akan menghadapi pertanyaan sulit dalam panggilan telepon dengan analis yang dijadwalkan pada pukul 16:30. waktu setempat di Austin, tempat Tesla bermarkas.

(bbn)

No more pages