Logo Bloomberg Technoz

Laba bersih yang disesuaikan untuk gabungan lima perusahaan supermajor diperkirakan sebesar US$28,4 miliar untuk kuartal pertama, mirip dengan periode sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh margin pemurnian yang lebih tinggi mengimbangi harga minyak yang lebih rendah dan pendapatan dari perdagangan gas. Exxon, Chevron, dan TotalEnergies Eropa melaporkan hasil pada Jumat, diikuti oleh Shell Plc dan BP Plc pada awal Mei.

Grafik kinerja perusahaan-perusahaan Big Oil. (Sumber: Bloomberg)

Perak

Perak mengawali tahun dengan baik, naik lebih dari 20% karena logam putih ini mengikuti kenaikan emas. Harga perak mendekati level yang tidak terlihat sejak pedagang ritel menekan pasar pada awal 2021 dan berada dalam jarak US$30 per ounce. 

Menurut Silver Institute, penggunaan perak dalam industri, terutama dari pengaplikasian ekonomi ramah lingkungan seperti panel surya, dan defisit pasokan yang sedang berlangsung akan mendukung harga di masa depan. Hal itu mungkin mendorong investor untuk kembali secara signifikan ke exchange-traded fund (ETF) yang didukung perak, membantu mendorong harga lebih tinggi.

Grafik harga perak. (Sumber: Bloomberg)

Jagung

Terlepas dari banyaknya perbincangan tentang permintaan jagung AS setelah rekor panen tertinggi pada 2023, semua perhatian tertuju pada besarnya hasil panesn Brasil yang hampir siap dipanen. Total pasokan yang keluar dari eksportir terbesar dunia akan secara langsung berdampak pada daya saing AS. 

Meskipun jumlah hasil panen di Brasil masih diperdebatkan - Departemen Pertanian AS memproyeksikan hasil panen yang jauh lebih besar daripada Perusahaan Pasokan Nasional Brasil, yang dikenal sebagai Conab - hasil panen yang kuat dapat membantu Amerika Selatan mempertahankan peringkatnya sebagai eksportir utama gandum.

Grafik hasil panen jagung. (Sumber: Bloomberg)

LNG

Permintaan Eropa untuk gas alam cair (LNG), yang melonjak selama krisis energi, kemungkinan akan mencapai puncaknya tahun ini, menurut ACER, regulator energi di blok tersebut. Pesan tersebut akan menjadi pesan yang meyakinkan bagi para pemimpin Uni Eropa, yang kesulitan menemukan gas setelah Rusia, pemasok terbesar di kawasan itu, menginvasi Ukraina. 

Ini juga berarti keputusan AS untuk menghentikan proyek ekspor LNG baru tidak akan terasa setajam yang dikhawatirkan banyak orang. Sekarang UE hanya perlu mencari cara untuk menghentikan sisa impor gas alam cair dari Rusia. Blok Eropa adalah importir LNG terbesar.

Permintaan LNG Eropa. (Sumber: Bloomberg)

Pertambangan dan Konstruksi

Caterpillar, yang mesin kuning ikoniknya ditemukan di operasi pertambangan dan lokasi konstruksi di seluruh dunia, dijadwalkan melaporkan pendapatan pada Kamis. Investor akan mengamati detail pesanan dan inventaris dari pelopor AS ini, dengan metrik yang memberikan wawasan tentang kesehatan industri yang mendukung ekonomi global. 

Yang menjadi perhatian utama adalah bagaimana kinerja penjualan dealer Caterpillar di pasar siklus, di mana permintaan dan pertumbuhan ekonomi sedang melambat. Juga apakah kekuatan penjualan Amerika Utara terus mengimbangi kelemahan di wilayah lain.

Penjualan Caterpillar. (Sumber: Bloomberg)

(bbn)

No more pages