Logo Bloomberg Technoz

BMKG Sebut Bibit Siklon di Laut Arafuru Picu Hujan Pekan Ini

Redaksi
21 April 2024 14:00

Pantauan Satelit BMKG tentang prediksi cuaca di Indonesia. (Dok. BMKG)
Pantauan Satelit BMKG tentang prediksi cuaca di Indonesia. (Dok. BMKG)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengindentifikasi adanya perkembangan pola tekanan rendah di sekitar Laut Arafuru, selatan Merauke.

Kondisi tersebut dapat memicu gelombang tinggi dan hujan dengan intensitas sedang-lebat di wilayah Papua, Papua Pegunungan, Papua Tengah, Papua Selatan hingga Maluku.

Sistem pola tekanan rendah merupakan suatu sistem dinamika atmosfer yang mengindikasikan adanya pola sirkulasi angin secara siklonal yang dalam kondisi atmosfer tertentu dapat meningkat intensitasnya menjadi sistem bibit siklon. Arahnya menuju Barat-Barat Laut, termasuk wilayah Pulau Jawa.

"Waspada terhadap perubahan cuaca ekstrem, terutama wilayah-wilayah rawan bencana tanah longsor, banjir bandang, dan angin kencang," kata Andri dikutip dari laman BMKG, Ahad (22/4/2024).

Selain tekanan rendah di Laut Arafuru, Kepala Pusat Meteorologi Publik Andri Ramdhani juga mengatakan, sejumlah faktor akan turut memicu hujan di sejumlah wilayah Indonesia selama satu pekan ke depan, 20-26 April 2024.