Logo Bloomberg Technoz

Aplikasi yang kurang sensitif dengan bisnis China yang lebih substansial seperti Duolingo diperkirakan akan mematuhi peraturan lisensi terbaru agar tetap beroperasi, kata Rich Bishop, salah satu pendiri dan CEO AppInChina.

"Ini berarti konsumen China terbatas hanya pada aplikasi China, dengan sejumlah kecil aplikasi internasional," kata Bishop, yang konsultannya telah menerima lusinan pertanyaan dari perusahaan tentang cara agar tetap patuh dan menerbitkan perangkat lunak di China. "Ini perubahan yang cukup besar - jadi ini akan semakin memotong akses warga China ke dunia luar dalam arti tertentu."

Tindakan terhadap layanan teknologi Amerika ini terjadi ketika pemerintah AS mengambil langkah-langkah menuju pelarangan TikTok, aplikasi video hit dari ByteDance Ltd yang berbasis di Beijing. Politisi AS juga mengutip masalah keamanan nasional dalam upaya mereka memaksa perusahaan untuk menjual TikTok kepada pemilik non-China atau menghadapi larangan di pasar AS.

"Kami berkewajiban untuk mengikuti hukum di negara tempat kami beroperasi, bahkan ketika kami tidak setuju. Administrasi Ruang Siber China memerintahkan penghapusan aplikasi ini dari toko aplikasi China berdasarkan masalah keamanan nasional mereka," kata Apple dalam sebuah pernyataan. "Aplikasi ini tetap tersedia untuk diunduh di semua toko aplikasi lain tempat mereka muncul."

Proses pendaftaran aplikasi dimulai tahun lalu dalam upaya yang digambarkan Beijing sebagai upaya untuk melawan penipuan telepon dan penipuan lainnya. Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi mengatakan akan melakukan pengawasan pada pengajuan tersebut mulai April hingga Juni, dan mengambil tindakan terhadap aplikasi yang tidak terdaftar. Pengembang juga akan diminta untuk menyiapkan dan meningkatkan mekanisme untuk menangani "informasi ilegal".

Langkah Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi dianggap sebagai langkah lain oleh Beijing untuk memperketat kontrol di seluruh dunia maya, memaksa perusahaan internet untuk menghapus informasi yang dianggap sensitif secara politik. Selain aplikasi, situs web dan model AI bahasa besar juga telah menjadi subjek pembatasan konten yang lebih besar.

The Wall Street Journal pertama kali melaporkan penghapusan aplikasi tersebut. Juru bicara Meta mengacu pada pernyataan Apple kepada Bloomberg News. Perwakilan untuk Telegram dan Signal tidak menanggapi permintaan komentar.

Tindakan China ini terjadi ketika undang-undang divestasi TikTok diperkirakan akan dimasukkan dalam paket bantuan cepat untuk Ukraina dan Israel yang akan dipilih oleh Kongres pada hari Sabtu ini.

China adalah negara penting bagi iPhone, pasar konsumen terbesarnya di luar AS dan basis produksi utamanya. Kepala Eksekutif Tim Cook mengunjungi negara itu awal tahun ini dan menekankan pentingnya China bagi bisnisnya. Apple telah lama mengatakan bahwa mereka perlu mengikuti hukum setempat sebagai bagian dari pengoperasian toko aplikasi mereka secara efektif di berbagai negara.

(bbn)

No more pages