Logo Bloomberg Technoz

Apple Patuhi Perintah China, Hapus Aplikasi Media Sosial Asing

News
19 April 2024 20:00

Apple
Apple

Mark Gurman dan Sarah Zheng - Bloomberg News

Bloomberg, Apple Inc menghapus layanan media sosial termasuk WhatsApp dan Threads milik Meta Platforms Inc dari toko aplikasi mereka di China. Hal ini dilakukan menanggapi perintah dari Beijing untuk menutup lebih banyak celah keamanan pada firewall internet negara tersebut yang sudah lama ada.

Menurut konsultan yang melacak perkembangan di area tersebut, pembuat iPhone ini juga menghapus layanan pesan Telegram dan Signal. Apple, yang secara konsisten mematuhi salah satu rezim sensor internet paling ketat di dunia, mengatakan bahwa Administrasi Ruang Siber China (Cyberspace Administration of China) memerintahkan penghapusan aplikasi tersebut karena masalah keamanan nasional.

Perintah tersebut muncul setelah program pembersihan yang dimulai oleh regulator China pada 2023 yang diharapkan dapat menghapus banyak aplikasi tidak aktif atau tidak terdaftar dari toko aplikasi iOS dan Android domestik, termasuk aplikasi lokal. Pada Agustus, China meminta semua pengembang aplikasi seluler untuk mendaftar ke pemerintah sebelum akhir Maret, atau berhenti beroperasi.

Beijing telah melarang penggunaan platform pesan dan media sosial asing seperti WhatsApp selama bertahun-tahun, dengan menggunakan apa yang disebut industri sebagai Great Firewall. Hal itu membantu aplikasi seperti WeChat milik Tencent Holdings Ltd mendominasi penggunaan domestik, meskipun pengguna China masih dapat menggunakan jaringan pribadi virtual (VPN) untuk melihat media asing.