Logo Bloomberg Technoz

"Wait and see ini perlahan kami lihat sudah mlai cenderung mengalami penurunan, meski masih ada yang bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK)," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (18/4/2024).

Selain itu, kata dia, fundamental makroekonomi domestik, terutama dalam sektor riil saat ini juga terbilang menunjukkan tren yang cukup baik. Prospek dan isu penurunan suku bunga Bank Indonesia cukup optimistis.

"Tahun ini juga kita lihat adanya prospek penurunan suku bunga di semester 2 nanti, yang akhirnya meningkatkan ekspektasi akan biaya penerbitan yang lebih murah," ujar dia.

Pefindo telah mengantongi mandat terhadap surat utang obligasi korporasi senilai Rp53,17 triliun hingga akhir Maret tahun ini.

Mandat tersebut berupa PUB obligasi senilai Rp 21,67 triliun, obligasi Rp 19,13 triliun, PUB sukuk Rp 8,25 triliun. Kemudian, ada juga MTN dan sukuk masing-masing Rp 2,53 triliun dan Rp 1,59 triliun.

Dari total itu, perusahaan yang berasal dari sektor perbankan memakan porsi paling besar mencapai Rp7,65 triliun dengan total 5 perusahaan. 

Di posisi kedua, disusul oleh sektor pertambangan dengan nilai rencana peneribtan surat utang Rp5,6 triliun yang juga berasal dari 5 perusahaan, kemudian diikuti oleh sektor konstruksi dan multifinance yang masing-masing di Rp4,5 triliun dengan total 4 perusahaan.

Sementara itu, jika dilihat berdasarkan institusinya, perusahaan non BUMN memegang porsi sebanyak Rp30,22 triliun dengna total 29 perusahaan. Sedangkan BUMN, termasuk anak usahanya dan BUMD berencana menerbitkan obligasi Rp22,94 triliun, yang berasal dari 19 perusahaan.

(ibn/dhf)

No more pages