Logo Bloomberg Technoz

Mandiri Sekuritas: Perusahaan RI Siap Ekspansi, Mayoritas Energi

Sultan Ibnu Affan
16 April 2024 10:55

Pekerja di depan layar pergerakan perdagangan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (8/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Pekerja di depan layar pergerakan perdagangan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (8/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Mandiri Sekuritas memperkirakan bahwa beberapa perusahaan Indonesia telah bersiap untuk ekspansi bisnisnya pada pertengahan tahun ini hingga tahun depan.

Direktur Utama Mandiri Sekuritas Oki Ramadhana mengatakan, hal itu tecermin dari beberapa perusahaan yang tengah memperhitungkan untuk menambah modal melalui penawaran umum perdana sama atau Initial Public Offering (IPO).

"Market kita soal [energi dan mineral] kan selalu besar. Karena memang kebutuhan capex mereka itu selalu besar. Mungkin tahun ini yang kalau saya lihat kemungkinan di energi atau mineral, mining space, antara kuartal 4 tahun ini sampai post quarter tahun depan ada," ujar Oki saat ditemui belum lama ini.

Oki mengatakan, hal itu juga dilakukan imbas dari tekanan politik dalam negeri pemilu tahun ini yang dinilai sudah cukup melandai.

Selain itu, para perusahaan tersebut juga optimistis terhadap faktor ekonomi global, sejalan dengan adanya isu Bank Sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed yang bakal menurunkan suku bunga pada pertengahan tahun ini.