Logo Bloomberg Technoz

Pemantau Nuklir Iran Beroperasi di Tengah Ancaman Balasan Israel

News
15 April 2024 20:00

Bendera Iran. (Dok: Bloomberg)
Bendera Iran. (Dok: Bloomberg)

Jonathan Tirone - Bloomberg News

Bloomberg, Pengawas nuklir PBB masih melakukan kegiatan di Iran di tengah ancaman pembalasan Israel menyusul serangan rudal yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap tanah air Yahudi tersebut pada Sabtu.

Kehadiran para pemantau Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) sangat penting karena mereka memeriksa beberapa fasilitas yang dapat dijadikan target oleh Israel. Ketika AS mulai mengebom Irak pada tahun 2003, para inspektur IAEA menerima pemberitahuan untuk meninggalkan negara itu sebelum serangan dimulai.

"IAEA terus mengimplementasikan kegiatan-kegiatan pengamanannya di Iran seperti yang telah direncanakan," tulis badan yang berbasis di Wina ini dalam menjawab pertanyaan dari Bloomberg. Direktur Jenderal Rafael Mariano Grossi sedang melakukan perjalanan ke New York, di mana ia dijadwalkan untuk tampil di hadapan Dewan Keamanan PBB.

Inspeksi nuklir Iran. (Dok: Bloomberg)

Maskapai-maskapai penerbangan termasuk Deutsche Lufthansa AG dan anak perusahaannya, Austrian Airlines, membatalkan penerbangan langsung ke Teheran setelah Timur Tengah bergejolak akibat pembalasan Republik Islam atas serangan Israel terhadap sebuah kompleks diplomatik di ibu kota Suriah, Damaskus.