Logo Bloomberg Technoz

PM Singapura Lee Mundur, Akan Serahkan Kekuasaan ke Wakilnya

News
15 April 2024 16:35

Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong. (Sumber: Bloomberg)
Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong. (Sumber: Bloomberg)

Philip J. Heijmans - Bloomberg News

Bloomberg, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, 72 tahun, akan mengundurkan diri pada 15 Mei sebagai bagian dari suksesi yang telah direncanakan sejak lama, mengakhiri masa jabatannya selama dua dekade dan mengantarkan era baru yang dipimpin oleh wakilnya, Lawrence Wong.

Wakil Perdana Menteri Wong, 51 tahun, yang juga menjabat sebagai menteri keuangan, akan menjadi perdana menteri keempat di negara kota ini pada hari yang sama. Wong mendapat dukungan penuh dari anggota parlemen partai yang berkuasa, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kantor Perdana Menteri pada Senin.

"Saya meminta semua warga Singapura untuk memberikan dukungan penuh kepada Lawrence dan timnya, dan bekerja sama dengan mereka untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi Singapura," kata Lee dalam sebuah unggahan di Facebook.

Di bawah kepemimpinan Lee, produk domestik bruto per kapita Singapura meningkat lebih dari tiga kali lipat menjadi hampir US$92.000, menjadi salah satu yang tertinggi di dunia. Pulau ini juga telah berusaha untuk meningkatkan daya tariknya sebagai mercusuar bagi investor asing di kawasan yang semakin kompetitif.