Logo Bloomberg Technoz

Singapura Sulit Longgarkan Kebijakan Moneter, Inflasi Mengancam

News
12 April 2024 09:50

Properti Singapura (Dok: Bloomberg)
Properti Singapura (Dok: Bloomberg)

Swati Pandey - Bloomberg News

Bloomberg, Bank Sentral Singapura atau The Monetary Authority of Singapore (MAS) mempertahankan kebijakan moneter tidak berubah untuk keempat kalinya berturut-turut di tengah tekanan harga yang masih tinggi. Kebijakan ini dilihat kalangan ekonom sebagai indikasi bahwa kebijakan moneter ketat mungkin akan tetap ada dalam beberapa bulan ke depan.

MAS yang menggunakan nilai tukar sebagai alat kebijakan utama moneter bukan suku bunga acuan, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat bahwa mereka mempertahankan kemiringan, lebar, dan pusat band mata uang seperti yang diharapkan oleh semua 20 ekonom dalam survei Bloomberg. Hal ini akan menjaga dolar Singapura tetap terapresiasi untuk menghindari inflasi dari impor.

Nilai tukar dolar Singapura sedikit berubah terhadap dollar AS setelah keputusan tersebut.

Pengumuman Jumat (12/4/2024), yang disampaikan bersamaan dengan rilis pertumbuhan kuartal pertama, yang menunjukkan pertumbuhan negara kota itu lebih lambat dari yang diharapkan, memperpanjang jeda MAS setelah lima putaran pengetatan antara Oktober 2021 dan 2022. Keputusan tersebut mengikuti langkah serupa yang dilakukan oleh bank sentral di Filipina, Thailand, Selandia Baru, dan Kanada minggu ini.

Pertumbuhan ekonomi Singapura

Artikel Terkait