Logo Bloomberg Technoz

Sekjen PBB soal Iran vs Israel: Timur Tengah di Ambang Kehancuran

Redaksi
15 April 2024 08:30

Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB. (Dok Bloomberg)
Perserikatan Bangsa-bangsa atau PBB. (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres memperingatkan para anggotanya untuk tidak semakin meningkatkan ketegangan di Timur Tengah dengan melakukan serangan balasan terhadap Iran. Dia menyebut Timur Tengah saat ini berada di ambang kehancuran.

"Timur Tengah berada di ambang kehancuran. Masyarakat di kawasan ini sedang menghadapi bahaya nyata berupa konflik berskala penuh yang menghancurkan," tegas Guterres saat berbicara pada pertemuan Dewan Keamanan PBB (DK PBB) yang digelar pada Minggu (14/04/2024) setelah serangan Iran ke Israel dikutip dari Reuters.

"Sekarang waktunya untuk meredakan ketegangan," lanjutnya.

Dalam pertemuan yang sama, Robert Wood, wakil duta besar AS untuk PBB, meminta badan yang beranggotakan 15 negara itu untuk secara tegas mengutuk serangan Iran. Dia mengatakan Dewan Keamanan tidak boleh membiarkan begitu saja tindakan Iran.

"Dalam beberapa hari mendatang, dan melalui konsultasi dengan negara-negara anggota lainnya, AS akan menjajaki langkah-langkah tambahan untuk meminta pertanggungjawaban Iran di PBB," katanya, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.