Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Stabil di Level US$90 usai Serangan Iran ke Israel

News
15 April 2024 07:10

Minyak dunia. (Dok: Ilustrasi/Bloomberg)
Minyak dunia. (Dok: Ilustrasi/Bloomberg)

Yongchang Chin - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak mentah tidak terpengaruh oleh serangan Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya ke Israel. Kenaikah harga tertekan oleh spekulasi bahwa konflik akan tetap terkendali setelah negara-negara besar termasuk AS mendesak kedua negara untuk menahan diri.

Patokan minyak mentah global Brent awalnya naik hanya 0,7% menjadi US$91,05 per barel pada perdagangan awal, sebelum diperdagangkan flat.

Sebelumnya, lebih dari 300 rudal dan drone ditembakkan oleh Iran pada akhir pekan, yang pertama kalinya menyerang Israel dari tanahnya. Serangan itu - yang telah diperkirakan selama berhari-hari - dilakukan sebagai pembalasan atas serangan di Suriah yang menewaskan perwira tinggi militer Iran.

Minyak menjadi salah satu komoditas dengan kinerja terkuat tahun ini karena OPEC+ terus membatasi pasokan untuk mengurangi persediaan dan mendukung harga. Serangan Iran ke Israel telah meningkatkan ketegangan di wilayah yang memproduksi sekitar sepertiga minyak mentah dunia. Meski begitu, misi Iran untuk PBB mengatakan masalah ini "dapat dianggap selesai" dan untuk saat ini mengurangi risiko konflik yang lebih luas.