Logo Bloomberg Technoz

Anak-anak paling rentan terhadap penyakit yang berhubungan dengan panas seperti kondisi pernapasan kronis, asma, dan penyakit kardiovaskular, menurut United Nations Children's Fund.

Gelombang Panas Esktrem Berefek Serius Pada Anak.

“Anak-anak lebih rentan dibandingkan orang dewasa terhadap dampak perubahan iklim, dan panas yang berlebihan merupakan ancaman yang berpotensi mematikan bagi mereka,” Debora Comini, direktur  Unicef untuk Asia Timur dan Pasifik, mengatakan, dikutip, Minggu (14/4/2024).

“Kita harus waspada pada musim panas ini untuk melindungi anak-anak dan masyarakat yang rentan dari gelombang panas yang semakin parah dan guncangan iklim lainnya.”

Peringatan Unicef ini muncul di tengah laporan bahwa periode Maret merupakan bulan ke-10 berturut-turut yang memecahkan rekor panas, dengan populasi di sebagian besar belahan bumi utara dan selatan mengalami suhu yang melebihi target iklim. 

Di Asia Tenggara, kekhawatiran terhadap gelombang panas ekstrem telah mendorong pihak berwenang untuk mengeluarkan imbauan atau mengambil tindakan.

Kementerian Kesehatan Masyarakat Thailand mendesak masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap sengatan panas, setelah dua kematian dilaporkan minggu ini. 

Filipina menangguhkan kelas tatap muka di beberapa kota  minggu lalu dan beralih ke pembelajaran jarak jauh karena cuaca panas.

Badan cuaca Filipina memperingatkan pada awal tahun ini bahwa tahun 2024 mungkin akan menjadi salah satu tahun terpanas yang pernah tercatat di negara tersebut. 

Orang tua dan pengasuh didesak untuk menciptakan tempat yang lebih sejuk bagi anak-anak untuk bermain di rumah dan sekolah sehingga mereka dapat menghindari paparan sinar luar ruang.

Permintaan termasuk an memastikan anak-anak mengenakan pakaian yang dapat menyerap keringat untuk membantu mengatur suhu, ujar Unicef. Anak-anak yang menunjukkan gejala-gejala stres akibat panas harus dirawat di rumah sakit.

Berdasarkan proyeksi Unicef, dua miliar anak di dunia diperkirakan akan terpapar frekuensi gelombang panas yang tinggi pada tahun 2050, terlepas dari perkiraan emisi gas rumah kaca. 

(bbn)

No more pages