Logo Bloomberg Technoz

Lampu hijau dari regulator dapat datang paling cepat pada hari Senin, dengan potensi bisa terjadi perubahan di menit-menit terakhir. 

Juru bicara SFC dan Harvest menolak berkomentar. HKEX, HashKey, dan Bosera tidak segera menanggapi permintaan komentar. 

Peluang disetujuinya ETF Spot Bitcoin dan Ether di pasar Hong Kong menyusul laporan awal pekan ini bahwa Harvest siap mendapatkan izin.

SFC memberikan izin kepada Harvest dan China Asset Management untuk menyediakan layanan manajemen dana terkait aset virtual pada 9 April.

Juru bicara China Asset Management menolak berkomentar mengenai izin tersebut. 

Munculnya ETF Bitcoin spot di AS pada 11 Januari telah memicu kebangkitan pasar kripto tahun ini. 11 produk ETF telah mengumpulkan sekitar US$59 miliar aset sejauh ini, mengangkat Bitcoin meraih rekor baru sepanjang sejarah, US$73.798 pada pertengahan Maret.

Hanya dalam waktu tiga bulan, iShares Bitcoin Trust milik BlackRock meraih arus dana masuk US$15 miliar.

Bitcoin kini kembali diperdagangkan pada level US$70.700, Jumat (12/4/2024) petang hari.

Hong Kong bersaing dengan Singapura dan Dubai untuk menjadikan dirinya sebagai pusat bagi perusahaan-perusahaan aset digital.

Hong Kong meluncurkan regulasi yang nyaman untuk pasar kripto dengan membuka diri sebagai penyedia layanan aset virtual pada Juni 2023.

Hong Kong sejauh ini telah menyetujui platform yang dioperasikan oleh HashKey Group dan OSL Digital Securities. 

Regulator Hong Kong telah mengizinkan peluncuran ETF kripto berbasis futures. Tiga produk yang terdaftar—CSOP Bitcoin Futures, CSOP Ether Futures, dan Samsung Bitcoin Futures - memiliki aset gabungan sekitar US$170 juta. 

Produk ETF Spot Bitcoin di AS Mengalami Pertumbuhan Arus Dana.

Pesona kripto Hong Kong mengalami hambatan tahun lalu dalam bentuk JPEX, pertukaran kripto tanpa izin yang bertanggung jawab atas dugaan penipuan senilai HK$1,6 miliar (sekitar US$200 juta).

Pihak berwenang terus melobi pengusaha kripto dengan harapan dapat memulihkan Hong Kong  sebagai pusat bisnis global.

(bbn)

No more pages