Logo Bloomberg Technoz

Angka tersebut telah melonjak hampir 600% sejak halving terakhir pada tahun 2020, menurut data yang dikumpulkan oleh btc.com.

Pada bagian lain tingkat konsumsi energi mengalami peningkatan pesat selama periode yang sama. 

Baca Juga: Investasi Bitcoin Tak Mudah, Belajar Dulu Dasar-dasarnya di Sini 

Halving adalah momentum empat tahun sekali. Pencipta Bitcoin anonim yang dikenal sebagai Satoshi Nakamoto, memprogram halving ke dalam kode mata uang kripto asli untuk mempertahankan batas maksimal cap 21 juta token agar tidak menjadi inflasi.

Jumlah token baru, atau Bitcoin reward, yang dikeluarkan untuk para penambang berkurang 50% setiap empat tahun, merupakan dampak yang dihasilkan dari halving.

Tingkat Kesulitan Menambang Kripto, Sebuah Ukuran Daya Komputasi untuk Membuat Token Baru.

Hal ini menimbulkan masalah bagi para penambang karena sebagian besar pendapatan mereka berasal dari Bitcoin reward.

Baca Juga: Asal Usul Bitcoin yang Penting Anda Tahu

Halving di bulan April ini adalah yang keempat kalinya sejak tahun 2012 dan reward akan turun menjadi 3,125 untuk para penambang yang berhasil memproses satu unit data transaksi di blockchain.

Produksi harian koin dari semua penambang akan turun menjadi 450 per hari dari 900. 

Perusahaan-perusahaan penambang Bitcoin meningkatkan cadangan kas mereka untuk mengatasi dampak negatif dari halving atau penurunan separuh harga, dengan berbagai cara.

Penambang menjalankan operasi mereka dengan kapasitas penuh atau mengembangkannya untuk memproduksi dan menjual lebih banyak koin di tengah melonjaknya harga BTC.

Rig Penambang Mata Uang Kripto Bitcoin Cs

Marathon Digital Holdings Inc, penambang besar yang sahamnya diperdagangkan secara publik, sedikit berubah di sekitar US$17,50 pada hari Kamis.

Rivalnya yang lebih kecil, Riot Platforms Inc juga koreksi tipis di level US$9,86. Marathon telah naik sekitar 70% dalam satu tahun terakhir, sementara Riot turun 20%. 

(bbn)

No more pages