Logo Bloomberg Technoz

Data ini bertentangan dengan tanda-tanda membaiknya permintaan pasar luar negeri, dengan penjualan ke Amerika Serikat (AS) dan wilayah lain, yang mendorong ekspansi berkelanjutan dalam ekspor Korea dan Taiwan pada bulan Maret. 

Meski begitu, ada beberapa titik terang dalam data awal Maret tentang ekonomi China. Perusahaan-perusahaan manufaktur melaporkan ekspansi aktivitas untuk pertama kalinya sejak September.

Tingkat pesanan ekspor baru juga mulai meningkat setelah mengalami kontraksi selama berbulan-bulan. 

Hal ini mendorong harapan bahwa China dapat memenuhi target pertumbuhan ekonomi sekitar 5% tahun ini.

Bank-bank termasuk Goldman Sachs dan Morgan Stanley menaikkan perkiraan pertumbuhan 2024 mereka minggu ini.

“Mengambil kejutan positif yang terlihat di awal tahun ini, kami masih melihat bahwa ekspor seharusnya berada dalam tren pemulihan, tetapi tidak terlalu tinggi,” kata Michelle Lam, ekonom di Societe Generale SA wilayah China.

“Data ini juga dapat menyebabkan beberapa ekspektasi yang kurang agresif untuk PDB kuartal pertama yang akan dirilis minggu depan.”

Angka tersebut akan dirilis pada hari Selasa, bersama dengan serangkaian data lain dari penjualan ritel hingga capaian industri—yang akan memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai prospek China.

Ekspektasi bahwa China akan bergantung pada permintaan dari negara-negara lain untuk memenuhi target pertumbuhan, telah membantu memicu ketegangan perdagangan dengan AS dan Eropa.  

Harga ekspor China turun hingga Februari, dan deflasi tersebut berarti setiap kenaikan permintaan mungkin tidak akan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi bagi perusahaan-perusahaan China. Harga produsen China turun di bulan Maret selama 18 bulan berturut-turut.

(bbn)

No more pages