Logo Bloomberg Technoz

Elon Musk Akan Temui Modi, Sinyal Investasi Tesla di India?

News
11 April 2024 14:10

Elon Musk. (Dok: Bloomberg)
Elon Musk. (Dok: Bloomberg)

Rajesh Kumar Singh - Bloomberg News

Bloomberg, Chief Executive Officer Tesla Inc Elon Musk akan mengunjungi India dan bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi, sehingga memicu spekulasi mengenai investasi produsen mobil listrik Amerika Serikat (AS) itu di Negeri Bollywood menjelang dimulainya pemilu nasional.

Musk diperkirakan mengunjungi India bulan ini, Economic Times melaporkan setelah unggahannya di X. Salah satu orang terkaya di dunia itu kemungkinan akan mengumumkan rencana investasinya untuk negara tersebut, termasuk mendirikan fasilitas manufaktur, tulis surat kabar tersebut.

Kunjungan ini dilakukan ketika Modi sedang berupaya mendapatkan masa jabatan ketiga dalam pemilu yang dimulai akhir bulan ini dan kemungkinan akan meningkatkan klaim atas keberhasilan pemerintah dalam menarik modal global di berbagai industri mulai dari energi hingga teknologi dan transportasi untuk membantu menciptakan lapangan kerja bagi jutaan generasi muda India.

Sebaliknya, Tesla sedang mempertimbangkan untuk mendirikan pabrik kendaraan listrik di India, negara penghasil emisi gas rumah kaca terbesar ketiga di dunia yang berupaya melakukan dekarbonisasi perekonomiannya dan mencapai emisi nol pada 2070.