Logo Bloomberg Technoz

Namun, pergerakan ini telah membuat beberapa pengamat bingung di tengah kurangnya pemicu yang jelas untuk reli mendadak yang dimulai pertengahan Februari terutama karena para pedagang telah mengurangi taruhan untuk pemotongan suku bunga yang curam selama periode tersebut.

Emas naik lebih dari 18% sejak saat itu, dengan setidaknya sebagian dari kenaikan didorong oleh optimisme bahwa Fed semakin dekat untuk memotong suku bunga. Permintaan dari bank sentral juga telah menjadi faktor, dengan Bank Rakyat China melaporkan penambahan untuk bulan ke-17 berturut-turut pada bulan Maret.

Di tempat lain, bullion telah mendapat manfaat dari peningkatan permintaan sebagai tempat aman di tengah ketegangan yang berkelanjutan di Timur Tengah. Israel mengatakan pada hari Minggu bahwa negara tersebut menarik beberapa pasukan dari Gaza selatan setelah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan kemenangan dalam jangkauan. 

Iran sedang mempersiapkan tanggapan terhadap serangan yang diduga oleh Israel terhadap konsulatnya di Suriah, sementara Hezbollah memperingatkan bahwa mereka siap untuk perang.

Emas spot naik 0,2% menjadi US$2.335,38 per ons pada pukul 1:41 sore di Singapura, setelah sebelumnya menyentuh rekor US$2.353,95. Indeks Spot Dolar Bloomberg sedikit berubah. Perak naik, sementara platinum dan paladium bercampur.

(bbn)

No more pages