Logo Bloomberg Technoz

Nahas KM58 Tol Japek, Kemenhub Minta Pemudik Utamakan Keselamatan

Dovana Hasiana
08 April 2024 14:00

Kecelakaan di KM 58 Tol Japek (Dok. Humas Kemenhub)
Kecelakaan di KM 58 Tol Japek (Dok. Humas Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat mengimbau seluruh pemudik tetap mengutamakan keselamatan dan beristirahat apabila merasa kelelahan di perjalanan, menyusul insiden maut di ruas Jalan Tol Jakarta—Cikampek (Tol Japek) pagi ini.

Pernyataan ini dilontarkan untuk menanggapi terjadinya kecelakaan antara bus dengan 2 minibus di KM 58 + 600 arah Jakarta ruas Tol Jakarta—Cikampek, Karawang, Jawa Barat pada hari Senin (8/4/2024) pukul 07.04 WIB.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno berharap kepada para pemudik agar bisa beristirahat apabila merasa mengantuk atau kelelahan.

Adapun, istirahat bisa dilakukan melalui dua cara, yakni pada tempat istirahat atau rest area dengan waktu maksimal 30 menit atau mencari tempat istirahat yang lebih nyaman dengan keluar dari tol terlebih dahulu.

"Mengingat padatnya kondisi lalu lintas sehingga menimbulkan rasa lelah bagi para pemudik maka diharapkan untuk utamakan waktu beristirahat. Setiap mengemudi selama 4 jam berturut-turut dianjurkan untuk istirahat selama 30 menit," ujar Hendro dalam siaran pers, Senin (8/4/2024).