Logo Bloomberg Technoz

"[Aturan] ini kan dibikin supaya investor bisa lihat. Secara total, kita ada 221 emiten, kalau diibaratkan watchlist, [emiten] yang masuk pemantauan khusus, mereka harus dibenerin [kinerjanya] gitu," kata dia.

Adapun, pelaksanaan PPK tahap II dengan mekanisme  full call auction, yang merupakan mekanisme perdagangan dengan kuotasi Bid dan Ask yang akan match pada jam dan waktu-waktu tertentu, kemudian harga saham akan ditentukan berdasarkan volume terbesar.

Dalam PPK itu, BEI juga menerapkan  fitur Indicative Equilibrium Price (IEP) dan Indicative Equilibrium Volume (IEV).

IEP merupakan informasi potensi harga yang terbentuk, sedangkan IEV adalah informasi potensi akumulasi volume transaksi yang akan diperjumpakan pada harga yang terbentuk (IEP) oleh sistem perdagangan BEI.

Implementasi data IEP dan IEV bertujuan untuk memberikan transparansi kepada Investor dan pelaku pasar lainnya dengan menampilkan harga indikatif yang akan terbentuk pada akhir sesi blind order book dan call auction (sesi pre-opening, pre-closing dan Periodic Call Auction Efek bersifat Ekuitas pada Papan Pemantauan Khusus).

Hal ini dapat memudahkan investor untuk melakukan eksekusi order dan meminimalisir potensi marking the close.

Namun belakangan, kebijakan tersebut juga tak lepas dari adanya kritikan yang berasal dari pelaku pasar modal. Mereka sempat menilai kebijakan itu kontroversial dan berpotensi memunculkan emiten-emiten nakal.

(ibn/wep)

No more pages