Logo Bloomberg Technoz

5 Tips Hindari Mabuk Perjalanan saat Mudik Lebaran 2024

Redaksi
06 April 2024 07:30

Penumpang kereta api tiba saat arus balik mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (25/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Penumpang kereta api tiba saat arus balik mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (25/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mabuk perjalanan bisa terjadi saat seseorang tengah melakukan perjalanan ke suatu tempat dengan menggunakan transportasi darat, udara maupun laut. Apalagi terjadi saat hendak melakukan mudik Lebaran 2024.

Kondisi tubuh pasti terasa tidak nyaman seperti merasakan pusing dan mual saat bepergian. Bagaimana tips cara mencegah mabuk perjalanan?

Ini adalah tips dari dokter spesialis penyakit dalam, dr. R.A. Adaninggar Primadia Nariswari, SpD, menghindari mabuk seperti dipaparkan:

1. Hindari membaca buku atau bermain ponsel

Rasa mual atau pusing akan muncul ketika membaca buku atau bermain ponsel ketika dalam perjalanan. Dapat menyebabkan ketidakselarasan antara telinga dan mata. Tubuh berusaha menyeimbangkan posisi karena adanya guncangan tapi mata malah fokus ke satu titik.

"Mending tidur atau memejamkan mata akan mengurangi reaksi mabuk," katanya dalam sebuah webinar Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

2. Atur posisi duduk

Cari posisi duduk yang paling nyaman di dalam kendaraan, contoh seperti duduk di bagian sayap dan jendela dalam pesawat. Hindari menghadap ke belakang saat berada dalam kapal, kereta api, atau bus.

Untuk mobil duduk menghadap ke depan saat berkendara dengan mobil.

3. Minum obat dengan konsultasi ke dokter terlebih dahulu

Mabuk perjalanan ialah kondisi yang cukup serius dan jangan disepelekan. Sebaiknya untuk meminum obat terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter dan sebelum melakukan perjalanan jauh.

Hal ini dilakukan agar kita tidak sembarang mengonsumsi obat mabuk perjalanan sehingga takaran pada tubuh tepat dan tidak menimbulkan komplikasi pada organ.

4. Hindari makan terlalu kenyang sebelum bepergian atau mudik

Mengisi perut sebelum melakukan perjalanan sebenarnya dianjurkan. Tetapi kondisi ini bisa menyebabkan rasa mual dan pusing ketika melakukan perjalanan karena terlalu banyak makan.

5. Sediakan aromaterapi

Selain obat dari dokter, aromaterapi juga turut membantu mengurangi rasa mual, dan pusing akibat dari mabuk perjalanan. Oleh karena itu sediakan minyak kayu putih, lavender, lemon, atau rempah-rempah.