Logo Bloomberg Technoz

Sosok Mohamad Tonny Harjono, Mantan Ajudan Jokowi jadi KSAU

Redaksi
03 April 2024 16:50

Calon Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya Mohamad Tonny Harjono (Dok Pangkogabwilhan II)
Calon Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya Mohamad Tonny Harjono (Dok Pangkogabwilhan II)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken surat Keputusan Presiden (Keppres) nomor 20 tahun 2024 tentang penggantian kepala staf angkatan udara (KSAU). Dalam keppres tersebut, dia menunjuk mantan ajudannya, Marsekal Madya Mohamad Tonny Harjono sebagai pengganti Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang pensiun.

Rencananya, Jokowi akan melantik Tonny Harjono sebagai KSAU baru pada Jumat (5/4/2024). Keputusan ini memperpanjang tren presiden menunjuk perwira muda untuk mengisi pucuk pimpinan lembaga.

Mohamad Tonny Harjono adalah perwira kelahiran 4 Oktober 1971 atau baru berusia 52 tahun saat dilantik menjadi KSAU. Dia akan menjadi pimpinan TNI AU setidaknya 5 tahun 7 bulan hingga masuk usia pensiun.

Lulusan akademi angkatan udara pada 1993 ini memang memiliki kedekatan karir dengan Jokowi. Penerbang pesawat Sukhoi 27 dan Sukhoi 30 ini menjadi ajudan presiden pada 2014-2016; atau periode awal pemerintahan Jokowi.

Dia kemudian menjadi Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Adi Soemarmo dan Halim Perdana Kusuma sebelum ditarik menjadi Staf Khusus KSAU pada 2020. Tonny Harjono kembali masuk ke istana usai menjadi Sekretaris Militer Presiden Kementerian Sekretariat Negara (Sesmilpres Kemsetneg) pada 2020-2022.