Logo Bloomberg Technoz

Ukraina Turunkan Batas Usia Minimal untuk Wamil Jadi 25 Tahun

News
03 April 2024 15:50

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Dok: Bloomberg)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy (Dok: Bloomberg)

Kateryna Chursina dan Volodymyr Verbianyi - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, menandatangani sebuah undang-undang untuk menurunkan usia wajib militer (wamil) selama masa perang menjadi 25 tahun setelah menunda legislasi tersebut. Keputusan ini dibuat karena pasukan Kyiv kesulitan menahan serangan Rusia.

Menurut situs web parlemen, undang-undang tersebut menurunkan usia wajib militer dari 27 tahun menjadi 25 tahun. Parlemen di Kyiv telah menyetujui undang-undang tersebut pada Mei 2023. Setelah itu undang-undang tersebut terkatung-katung di meja Zelenskiy selama beberapa bulan saat debat publik tentang wajib militer berlangsung.

Undang-undang tersebut telah menjadi sumber pertentangan antara Zelenskiy dan jenderal-jendralnya — dan menjadi latar belakang dari keputusan presiden untuk memberhentikan jenderal terpopuler, Valeriy Zaluzhnyi, pada bulan Februari.

Bahkan ketika militer berusaha untuk mengisi kembali kekosongan personelnya, Zelenskiy tetap menahan rancangan undang-undang wajib militer yang tidak populer tersebut, dan menuntut rencana mobilisasi yang lebih komprehensif.