Logo Bloomberg Technoz

Viral Eropa Sebut Bentuk Bumi Berubah, Ini Penjelasannya

Redaksi
03 April 2024 13:40

Bulat telur Planet Bumi, jadi materi April Mop. (Dok: ESA)
Bulat telur Planet Bumi, jadi materi April Mop. (Dok: ESA)

Bloomberg Technoz, Jakarta - European Space Agency (ESA) atau badan antariksa eropa memberi pernyataan bahwa planet bumi tidak seutuhnya bulat sempurna. Bumi lebih bulat lonjong, mirp seperti telur. Bentuk bumi yang berubah disampaikan ESA dalam media sosial X.

Bentuk terbaru planet Bumi merupakan hasil analisis terbaru lembaga antariksa tersebut, namun unggahan ini berkaitan dengan April Mop, bahwa kabar ini jadi bagian dari tradisi mengelabui atau bohong.

“Sudah pasti Bumi tidak seperti telur paskah, secara teknis ini juga tidak bulat. Tapi yang jelas [Bentuk Bumi] tidak datar! Kembali pada tahun 2011,” klarifikasi ESA.

“Misi #GOCE menghasilkan model 'geoid' paling akurat yang pernah dibuat. Geoid Bumi sangat penting untuk mendapatkan pengukuran yang akurat dari sirkulasi laut, perubahan permukaan laut, dan dinamika es di daratan.”

Bagaimana Bentuk Planet Bumi

Analisis perkiraan perubahan bentuk Bumi yang dipengaruhi oleh gravitasi. (Dok: ESA)

Gaya gravitasi erat pengaruhnya dengan proses pembentukan Bumi, di dalam di atas permukaan, dengan ilmuwan Isaac Newton yang pertama kali menjelaskan prinsip dasar tersebut lebih dari 300 tahun lalu.