Logo Bloomberg Technoz

Properti masih menjadi penyumbang terbesar dari permintaan baja. Namun, Beijing belum memberikan stimulus fiskal yang besar - terutama pengeluaran infrastruktur - yang dapat sepenuhnya mengimbangi penurunan sektor perumahan. Meningkatnya tingkat utang di pemerintah daerah menjadi salah satu kendala. Sementara itu, peningkatan aktivitas konstruksi pada musim semi yang biasanya terjadi juga belum sepenuhnya terealisasi, sehingga menimbulkan ketidakpastian kapan konsumsi akan pulih.

Pabrik-pabrik baja China termasuk Angang Steel Co dan Maanshan Iron & Steel Co melaporkan kerugian bersih yang lebih buruk dari perkiraan dalam laporan pendapatan tahun 2023 mereka. Maanshan memperingatkan bahwa kondisi "akan tetap suram karena ketidaksesuaian antara pasokan dan permintaan di tahun 2024."

Singkatnya, tindakan keras Presiden Xi Jinping terhadap sektor properti dan dorongannya untuk "kekuatan produksi baru" bisa jadi menandai era di mana bijih besi dan baja memainkan peran yang lebih kecil dibandingkan dengan logam yang akan diuntungkan dari transisi energi.

Pergeseran Struktural

Tambang bijih besi di Australia. Fotografer: Carla Gottgens/Bloomberg

"Bisa dimengerti jika pelemahan ini berlangsung selama satu atau dua minggu," kata Cao Ying, kepala analis logam besi di SDIC Essence Futures Co. "Lebih lama dari itu, pasar akan mulai menyesuaikan ekspektasinya karena akan terlihat lebih seperti pergeseran struktural."

Harga bijih besi tidak bisa bertahan di bawah US$100 per ton terlalu lama tanpa produsen dengan biaya tinggi yang gulung tikar. Hal itu akan mengurangi pasokan dan menahan harga dalam jangka pendek. Namun, sisi permintaan jangka panjang yang menjadi perhatian terbesar. Pemerintah Australia, pemasok terbesar China, memperkirakan harga free-on-board (FOB) sebesar US$95 per ton tahun ini, US$84 tahun depan, dan kemudian turun ke level US$70-an hingga 2029.

Anjloknya harga bijih besi sangat kontras dengan komoditas acuan lainnya, tembaga, yang mendekati level tertinggi tahunan. Masalah pasokan menjadi pendorong langsung, tetapi peran utama logam ini dalam transisi energi mendorong prediksi kenaikan luar biasa di tahun-tahun mendatang. Pasar baja dan bijih besi tidak akan menikmati tingkat dukungan yang sama dari perubahan sekuler dalam konsumsi komoditas tersebut.

"Tampaknya tidak ada akhir dari krisis real estat, pemerintah daerah tidak dapat mempertahankan tingkat investasi saat ini, konsumen masih sangat berhati-hati," kata Tomas Gutierrez, analis di Kallanish Commodities Ltd. "Mungkin akan ada pemulihan permintaan musiman pada kuartal kedua, tetapi kemungkinan ini tidak akan cukup kuat untuk benar-benar membalikkan keadaan pasar," katanya.

(bbn)

No more pages