Logo Bloomberg Technoz

Usai dari China, Prabowo Akan Bertemu PM Jepang pada 2-3 April

Redaksi
02 April 2024 03:40

Capres Prabowo Subianto usai penetapan hasil Pemilu 2024 di Jalan Kertanegara, Jakarta, Rabu (20/3/2024). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Capres Prabowo Subianto usai penetapan hasil Pemilu 2024 di Jalan Kertanegara, Jakarta, Rabu (20/3/2024). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto akan mengunjungi Jepang pada 2-3 April. Ia akan bertemu dengan Perdana Menteri Fumio Kishida dan para pejabat lainnya, demikian ungkap Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshimasa Hayashi pada Senin.

Melansir Reuters, Selasa (2/4/2024), lawatan Prabowo ke Tokyo ini akan menyusul kunjungannya ke Beijing untuk bertemu Presiden China Xi Jinping pada Senin, lawatan luar negeri pertama presiden terpilih ini dalam waktu kurang dari dua bulan setelah memenangkan pemilihan presiden.

Jepang dan Indonesia adalah mitra strategis yang komprehensif yang berbagi prinsip-prinsip dan nilai-nilai fundamental, dan diharapkan kunjungan Prabowo akan meningkatkan kerja sama bilateral yang erat di berbagai bidang, kata Hayashi dalam sebuah konferensi pers reguler.

Prabowo, mantan komandan pasukan khusus dan menteri pertahanan saat ini, juga berencana untuk bertemu dengan menteri pertahanan Jepang Minoru Kihara, kantor berita Jepang Jiji melaporkan.

Pada tahun 2021, Prabowo dan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menandatangani kesepakatan untuk memfasilitasi transfer peralatan pertahanan dalam pertemuan dengan rekan-rekan mereka dari Jepang, ketika Jepang berusaha untuk memperluas kerja sama militer dan ekonomi dengan negara-negara Asia Tenggara untuk melawan China.