Logo Bloomberg Technoz

"Untuk menangkal kecurigaan dari Barat secara kolektif, mereka harus segera menemukan sesuatu, jadi mereka menggunakan ISIS, mengeluarkan kartu As dari lengan baju mereka, dan secara harfiah beberapa jam setelah serangan teroris, media Anglo-Saxon mulai menyebarluaskan versi yang sama," katanya.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa serangan tersebut dilakukan oleh militan Islamis, namun ia mengatakan bahwa serangan tersebut menguntungkan Ukraina dan bahwa Kyiv mungkin memainkan peran.
Dia mengatakan bahwa seseorang di pihak Ukraina telah menyiapkan "jendela" bagi orang-orang bersenjata untuk melarikan diri melintasi perbatasan sebelum mereka ditangkap di Rusia barat pada Jumat malam.

Namun, pada Selasa, pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan bahwa para pria bersenjata itu awalnya berusaha menyeberang ke negaranya sebelum berbalik arah dan menuju ke Ukraina setelah mereka menyadari bahwa penyeberangan ke Belarusia telah ditutup.

Direktur badan keamanan FSB Rusia mengatakan pada Selasa bahwa ia yakin Ukraina, bersama dengan Amerika Serikat dan Inggris, terlibat dalam serangan di Moskow.

Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron menanggapi hal ini di platform media sosial X, dengan mengatakan: "Klaim Rusia mengenai Barat dan Ukraina dalam serangan di Balai Kota Crocus adalah omong kosong belaka."

Kepala Direktorat Intelijen Utama Ukraina, Kyrylo Budanov, mengatakan dalam sebuah konferensi keamanan di Kyiv bahwa ia yakin pihak berwenang Rusia telah mengetahui tentang persiapan serangan besar setidaknya sejak pertengahan Februari.

Budanov, yang komentarnya dilaporkan oleh media Ukraina, mengatakan bahwa pihak berwenang memilih untuk tidak mengatakan apa-apa karena mereka meremehkan skala serangan tersebut, atau menimpakan kesalahan kepada Ukraina dan melanjutkan dengan pemecatan para pejabat.

Setelah penembakan tersebut, seorang pejabat AS mengatakan bahwa Washington telah memperingatkan Moskow dalam beberapa minggu terakhir mengenai kemungkinan terjadinya serangan.

(ros)

No more pages