Logo Bloomberg Technoz

Ledakan Bintang Bakal Muncul di Langit, Begini Cara Melihatnya

Redaksi
27 March 2024 11:55

Ilustrasi ledakan bulan baru, Nova. (Dok: NASA/Conceptual Image)
Ilustrasi ledakan bulan baru, Nova. (Dok: NASA/Conceptual Image)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Akan terjadi ledakan bintang dan bisa terlihat di langit. Lembaga Antariksa NASA mengonfirmasi potensi peristiwa ledakan bintang yang disebut Nova. Terjadi tahun ini dan berlangsung selama beberapa hari.

Berikut cara melihat ledakan bintang tersebut.

Ledakan bintang terjadi pada 3.000 tahun cahaya dari planet Bumi. Nova, yang merupakan bintang  baru di Mahkota Utama, masuk dalam sistem bintang dan ledakannya mampu dilihat dengan mata secara secara langsung—tanpa alat bantu.“Ini bisa jadi kesempatan sekali seumur hidup untuk melihat ledakan bintang nova yang hanya terjadi setiap 80 tahun sekali,” tulis NASA Meteoroid Environments Office, dengan Nova atau T Coronae Borealis, atau T CrB, terakhir kali meledak pada tahun 1946.

Para astronom meyakini bahwa ledakan ini akan terjadi lagi antara bulan Februari dan September 2024.

Secara bintang dengan kekuatan +10, tergolong redup, namun kemudian alami lonjakan menjadi +2 selama peristiwa teknis ledakan bintang. Tingkat kecerahannya mirip dengan North Star, Polaris.

Pasca titik terterang mencapai puncak, Nova terlihat di langit oleh mata manusia tanpa alat bantu selama beberapa hari— untuk kemudian meredup, kemungkinan selama 80 tahun.

Ilustrasi ledakan bulan baru, Nova. (Dok: NASA/Conceptual Image)