Logo Bloomberg Technoz

Komisi juga memperingatkan tentang pengawasan lebih lanjut terhadap struktur biaya baru Apple untuk toko aplikasi alternatif dan praktik pemeringkatan Amazon.com Inc di pasarnya.

Saham Apple dan Alphabet turun 1,3% pada pukul 10:11 pagi di New York. Meta turun 0,7%. Saham Amazon naik 0,9%.

Seorang juru bicara Apple mengatakan perusahaan yakin bahwa mereka mematuhi DMA, sementara direktur kompetisi Google, Oliver Bethell, mengatakan perusahaan telah membuat perubahan signifikan pada layanannya di Eropa dan bahwa mereka akan "terus mempertahankan pendekatan kami dalam beberapa bulan mendatang."

Seorang juru bicara Meta mengatakan bahwa perusahaan merancang penawarannya untuk mematuhi kewajiban peraturan yang tumpang tindih, termasuk DMA.

Bagi Apple, penyelidikan Uni Eropa ini merupakan pukulan telak bagi penyelidikan antimonopoli di AS, di mana Departemen Kehakiman dan 16 jaksa agung menggugat perusahaan ini pekan lalu, menuduh pembuat iPhone ini melanggar undang-undang antimonopoli dengan memblokir saingannya untuk mengakses fitur-fitur perangkat keras dan perangkat lunak di perangkat populernya.

Uni Eropa juga baru-baru ini menjatuhkan denda €1,8 miliar (US$2 miliar) kepada Apple karena memblokir aplikasi streaming musik agar tidak memberi tahu pengguna tentang penawaran yang lebih murah.

Bloomberg melaporkan minggu lalu bahwa penyelidikan Uni Eropa terhadap Apple, Google, dan Meta akan segera dilakukan.

Daniel Friedlaender, yang mengepalai kantor Eropa Asosiasi Industri Komputer & Komunikasi--yang anggotanya termasuk Apple, Google, dan Meta--mengatakan bahwa waktu penyelidikan yang begitu cepat setelah DMA diberlakukan menunjukkan bahwa "komisi tersebut mungkin akan bertindak terburu-buru."

Vestager, dalam sebuah konferensi pers, menolak tuduhan tersebut. "Saya tidak berpikir bahwa ini terburu-buru, ini sangat tepat waktu," katanya.

Di bawah DMA, enam raksasa teknologi--Alphabet, Apple, Amazon, Meta, pemilik TikTok, ByteDance Ltd, dan Microsoft Corp tunduk pada berbagai larangan dan kewajiban baru.

Bagi Apple, hal ini berarti harus membuka ekosistem aplikasi iPhone yang sebelumnya tertutup dan mengizinkan pengguna untuk mengunduh perangkat lunak dari toko online lain dan dari web.

Upaya Apple untuk menyesuaikan diri dengan peraturan di Uni Eropa adalah dengan menghapus komisi hingga 30% yang telah dibebankan kepada para pengembang sejak App Store diluncurkan pada tahun 2008. Namun, perusahaan ini telah menambahkan biaya lain untuk para pembuat perangkat lunak--termasuk biaya pemrosesan pembayaran sebesar 3% untuk aplikasi yang menggunakan sistem pembelian dalam aplikasi Apple.

Perusahaan ini juga mengenakan biaya €0,50 per penginstalan aplikasi--melalui toko Apple atau pasar pihak ketiga--untuk perangkat lunak yang diinstal lebih dari 1 juta kali dalam periode 12 bulan.

Tahun lalu, Google menghadapi kasus penyalahgunaan dominasi Uni Eropa yang keempat dalam beberapa tahun terakhir--dengan pengawas Brussels menyelidiki perilaku perusahaan dalam teknologi periklanan. Hal ini terjadi setelah Google dijatuhi denda lebih dari €8 miliar oleh Uni Eropa, sebagai bagian dari tiga keputusan lain yang masih ditantang melalui pengadilan blok tersebut.

Sementara itu, Meta terus menghadapi penyelidikan penyalahgunaan dominasi Uni Eropa yang sedang berlangsung terhadap Facebook Marketplace, yang menurut komisi tersebut merugikan persaingan untuk saingan iklan baris.  

(bbn)

No more pages