Logo Bloomberg Technoz

Bakal Ada Ledakan Besar Matahari Saat Gerhana Total 8 April 2024

Redaksi
26 March 2024 13:10

Potensi ledakan matahari. (Dok: NASASpaceNews)
Potensi ledakan matahari. (Dok: NASASpaceNews)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Laporan terbaru memperingatkan potensi ledakan besar Matahari pada 8 April 2024, saat peristiwa alam Gerhana dalam beberapa jam.

Ledakan yang dimaksud, menurut para ilmuwan akan dapat terlihat di langit saat ada bentuk ‘cincin’ efek Gerhana Matahari pada posisi sempurna. Semakin menarik untuk diamati karena beberapa waktu terakhir Matahari tengah berada di level puncak aktif, versi National Center for Atmospheric Research (NCAR).

“Tingkat aktivitas Matahari mengalami pasang surut selama siklus 11 tahun dan puncak maksimum Matahari terjadi tahun ini, yang menyebabkan peningkatan cuaca luar angkasa yang menakjubkan,” kata Prediction Center Project Manager di Space Weather, Bryan Brasher.

Totalitas Gerhana Matahari menyebabkan pandangan Matahari akan terhalang dan menyisakan sisi tepi. Hal ini membuat tepian plasma Matahari tampak meledak-ledak.

Gambaran fenomena Prominences. (Dok: NASA)

Para peneliti Matahari mencatat lingkaran akan mengandung efek warna pink tua, secara ilmiah disebut prominences, atau  awan padat gas terionisasi pijar yang diproyeksikan dari kromosfer Matahari ke dalam korona, dilansir Britannica, Selasa (26/3/2024).