Logo Bloomberg Technoz

Kenaikan tersebut telah mendorong harga menuju US$10.000 - level yang tampak tidak terpikirkan hanya beberapa bulan lalu - dan bahkan membuat kakao lebih mahal daripada tembaga.

Grafik harga kakao. (Sumber: Bloomberg)

Kenaikan harga kakao akan berdampak pada biaya cokelat yang lebih tinggi sepanjang tahun. Telur Paskah sudah menjadi lebih mahal karena kenaikan harga tahun lalu, dan beberapa produsen mengurangi ukuran batangan atau mempromosikan varietas dengan bahan lain untuk mengurangi dampaknya.

Kontrak berjangka naik 7,9% menjadi US$9.649 per metrik ton di New York. Harga terus naik meskipun indikator teknis berada di wilayah overbought (terlalu banyak dibeli) selama beberapa bulan terakhir. Kakao di London juga naik.

"Cokelat mungkin akan lebih mahal pada Paskah 2025, jika penyakit pohon kakao dan cuaca buruk memperpanjang defisit di tengah harga gula yang tinggi," kata analis Bloomberg Intelligence Diana Gomes dalam sebuah catatan pada hari Jumat.

Sementara harga melonjak, spekulan justru menarik diri dari pasar. Open interest atau minat terbuka - jumlah kontrak yang belum selesai - telah turun dari puncaknya pada akhir Januari. Manajer investasi memotong taruhan bullish bersih mereka ke level terendah satu tahun di minggu terakhir. Ini menunjukkan bahwa pembeli fisik mungkin memainkan peran kunci dalam kenaikan harga.

Ada risiko situasi pasokan bisa memburuk. Aturan Uni Eropa yang akan datang - bertujuan untuk menghentikan produk yang merusak hutan agar tidak dijual di toko - dapat membuat produsen cokelat terkemuka di blok tersebut semakin sulit untuk mendapatkan pasokan.

Fokus sekarang beralih masa panen pertengahan Afrika Barat, yang merupakan masa panen terkecil dari dua panen tahunan. Regulator dari negara penghasil utama, Pantai Gading, memperkirakan panen tersebut akan menyusut musim ini, seperti yang dilaporkan Bloomberg awal bulan ini.

Harga di pasar softs:

  • Kakao menetap 7,9% lebih tinggi di New York pada $9.649 per ton
  • Kontrak berjangka kakao di London naik 9,8% menjadi £8.193 per ton
  • Gula mentah dan kopi arabika juga naik

(bbn)

No more pages