Logo Bloomberg Technoz

Kerajaan ini mencoba mencapai kesepakatan damai dengan Houthi untuk mengakhiri perang sipil Yaman, konflik yang telah berkecamuk sebagian besar dekade terakhir tetapi dengan kedua belah pihak dalam gencatan senjata rapuh sejak 2022.

Pemerintah Saudi memimpin kampanye militer yang didukung AS terhadap Houthi mulai tahun 2015. Namun, sekarang mereka melihat perdamaian di Yaman sebagai kunci untuk menjaga stabilitas kawasan Teluk yang lebih luas dan memajukan rencana transformasi ekonomi besar-besaran mereka.

Peta serangan Houthi. (Sumber: Bloomberg)

Sebelum gencatan senjata, Houthi secara rutin menyerang wilayah Arab Saudi. Pada 2019, mereka mengklaim sebuah serangan yang sementara melumpuhkan sekitar setengah produksi minyak kerajaan.

Houthi, sebuah organisasi yang didukung Iran, tidak terpengaruh oleh serangan udara AS dan Inggris. Mereka terus menyerang kapal perang dan kapal komersial dengan rudal dan drone hampir setiap hari.

Baru-baru ini mereka mengatakan akan memperluas serangan mereka untuk menargetkan kapal-kapal yang menghindari Laut Merah dan berlayar di sekitar Afrika Selatan.

Al-Houthi menandakan hubungan yang lebih tegang antara Houthi dan Saudi dengan mengatakan kerajaan perlu mengambil langkah-langkah yang lebih serius menuju rencana perdamaian.

Dia menekankan negosiasi tidak dapat berlanjut sampai kerajaan setuju untuk melanjutkan pembayaran beberapa gaji, listrik, dan layanan lain di Yaman.

Al-Houthi juga mengonfirmasi bahwa kelompok tersebut telah memberikan jaminan kepada China dan Rusia bahwa kapal-kapal mereka tidak akan menjadi sasaran.

Berbicara kepada TV Al-Masirah, sebuah saluran yang dijalankan oleh kelompok tersebut, dia tidak menyebutkan Huang Pu, sebuah tanker minyak milik China yang terkena rudal di Laut Merah pada Sabtu. Kapal tersebut mengeluarkan panggilan darurat tetapi hanya mengalami kerusakan minimal dan tidak membutuhkan bantuan, menurut militer AS.

Houthi tampaknya telah salah mengidentifikasi beberapa kapal dengan serangan mereka sebelumnya dan tidak jelas apakah mereka melakukannya lagi dengan Huang Pu.

(bbn)

No more pages