Logo Bloomberg Technoz

“Dengan BTC mendekati 60.000 karena penurunan aliran ETF, likuidasi, dan spekulasi penundaan ETF Ether, pasar dengan panik mencari katalis positif untuk mendukung pergerakan yang lebih tinggi,” kata Newhouse.

Papan harga Bitcoin. (Dok: Bloomberg)

Kejenuhan beli oleh investor juga terjadi pada instrumen ETF Spot. Terjadi arus keluar bersih secara keseluruhan sebesar US$154 juta (sekitar Rp2,4 triliun) per 18 Maret 2024. Kekhawatiran bubble aset kripto juga menjadi tema pembicaraan.

Potensi Koreksi Berlanjut, Wajib Waspada

Jika membandingkannya dengan raihan tertinggi sepanjang sejarah, Bitcoin kini berada di jalur koreksi 10%. Efek ETF Spot ini juga membuat mata uang kripto paling berharga mencatatkan laju mingguan terburuknya sejak Agustus.

Kelompok 10 ETF Bitcoin spot berada di jalur yang tepat untuk mencatatkan arus keluar mingguan terbesarnya sejak produk tersebut memulai debutnya pada 11 Januari, dengan Bitcoin sempat melemah 2,5% menjadi US$63,820 pada hari Jumat. 

Peristiwa halving bulan April, yang akan menurunkan pasokan Bitcoin yang baru dicetak dari para penambang, justru patut diwaspadai karena menjadi faktor penurunan lebih lanjut, JPMorgan menulis dalam laporan. “Laju arus masuk bersih ke dalam ETF Bitcoin spot telah melambat secara nyata, dengan minggu terakhir melihat arus keluar yang signifikan,” tulis para ahli strategi.

“Hal ini menantang anggapan bahwa gambaran arus ETF Bitcoin spot akan dicirikan sebagai arus masuk bersih satu arah yang berkelanjutan. Saat kita mendekati peristiwa halving, aksi ambil untung ini kemungkinan besar akan terus berlanjut, terutama dengan latar belakang posisi yang masih terlihat jenuh beli meskipun ada koreksi minggu lalu.”

Bulan lalu, JPMorgan memperkirakan bahwa harga Bitcoin akan turun menuju US$42.000 setelah bulan April karena “euforia yang dipicu oleh halving Bitcoin mereda.”

Sebanyak US$836 juta bersih ditarik dari ETF dari hari Senin hingga Kamis, pekan lalu. Hal ini mencerminkan arus keluar dari Grayscale Bitcoin Trust dan moderasi dalam langganan untuk penawaran saingannya dari orang-orang seperti BlackRock Inc. dan Fidelity Investments.

Keseluruhan ETF Spot telah mengumpulkan arus masuk bersih sebesar US$11,3 miliar hingga saat ini,  dan masih merupakan salah satu debut paling sukses untuk kategori ETF. Grayscale Bitcoin Trust, yang dikonversi menjadi ETF, telah mengalami arus keluar sebesar US$13,6 miliar.

“Minggu terakhir ini arus masuk tersebut telah melambat, yang dapat berarti bahwa - setidaknya untuk saat ini - minat terhadap ETF BTC sedang mendatar,” kata Michael Safai,  co-founder perusahaan perdagangan kuantitatif Dexterity Capital.

 Naeem Aslam, kepala investasi di Zaye Capital Markets menambahkan meskipun Bitcoin mencetak rekor, antusiasme di antara para pedagang eceran mungkin memudar. “Fakta bahwa reli tidak benar-benar lepas landas dari level tertinggi sepanjang masa seperti sebelumnya, membuat banyak orang mempertanyakan kekuatan reli,” kata Aslam.

“Halving hampir terjadi dan jika peristiwa ini gagal untuk benar-benar menjaga momentum, maka itu berarti kita akan menghadapi retracement yang serius, yang berarti harga bisa jatuh di bawah US$50.000.”

(fik/wep)

No more pages