Logo Bloomberg Technoz

Momentum Halving Buat Penambang Bitcoin ‘Buang Mesin Mining’

News
25 March 2024 14:15

Ilustrasi server para penambang atau miner Bitcoin. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi server para penambang atau miner Bitcoin. (Dok: Bloomberg)

David Pan - Bloomberg News

Bloomberg, Terdapat 6.000 mesin penambang Bitcoin berusia lama di Amerika (AS) akan segera diistirahatkan dan dikirim ke sebuah gudang di Colorado Springs, di mana mesin-mesin tersebut akan disegarkan dan dijual kembali. Target pembeli adalah mereka yang ada di luar negeri dan ingin mendapatkan keuntungan dari menambang berongkos lebih murah. Halving jadi salah faktor penyulut. 

Perusahaan SunnySide Digital mengoperasikan fasilitas seluas 35.000 kaki persegi yang menerima peralatan dari klien pertambangan. Mesin-mesin yang sudah ketinggalan zaman adalah salah satu dari ratusan ribu mesin yang akan diterima dan diperbaharui pada saat pembaruan empat tahunan dalam blockchain Bitcoin, atau Halving.

Peristiwa pada akhir April ini akan memangkas reward atau aliran pendapatan utama bagi para penambang, yang akan mencoba untuk mengurangi dampaknya dengan meningkatkan ke teknologi terbaru dan paling efisien.

Dengan listrik sebagai biaya terbesar, perusahaan pertambangan termasuk raksasa yang diperdagangkan secara publik, Marathon Digital Holdings Inc dan Riot Platforms Inc perlu menurunkan biaya penggunaan. Perusahaan tetap berpanduan mempertahankan margin yang positif.