Logo Bloomberg Technoz

Boeing Gugat Virgin Galactic Atas Penggunaan Rahasia Dagang

News
23 March 2024 14:30

Boeing.
Boeing.

Phoebe Sedgman - Bloomberg News

Bloomberg, Boeing Co sedang berupaya mendapatkan perintah pengadilan untuk memblokir penggunaan lebih lanjut rahasia dagang miliknya oleh Virgin Galactic, setelah kedua perusahaan tersebut berhenti bekerja sama dalam proyek wisata luar angkasa.

Data kepemilikan tersebut dibagikan dengan Virgin Galactic ketika mereka melibatkan unit Aurora Flight Sciences milik Boeing untuk membantu pengembangan jet pengangkut yang disebut Mothership. Akan tetapi, menurut keluhan yang diajukan oleh produsen pesawat AS tersebut di pengadilan federal di Virginia timur, setelah kedua perusahaan mengakhiri kerja sama mereka tahun lalu, Virgin Galactic menolak untuk memenuhi janji kontraktualnya untuk menghancurkan dua set rahasia dagang.

Menurut pengajuan tersebut, "Virgin Galactic Holdings yang didirikan Richard Branson terus menyimpan dan menggunakan informasi tersebut untuk mengembangkan jet pengangkut barunya, yang merugikan hak kepemilikan eksklusif Boeing dan Aurora serta menimbulkan kerugian yang tidak dapat diperbaiki dengan risiko terpapar pesaing lain, yang setelahnya informasi tersebut tidak dapat lagi dirahasiakan."

Virgin Galactic Holdings yang didirikan Richard Branson memulai operasi penerbangan luar angkasa komersial tahun lalu setelah hampir dua dekade pengembangan. Meskipun mereka telah menunda penerbangan yang direncanakan untuk akhir tahun ini guna mengendalikan biaya sambil mengembangkan pesawat luar angkasa Delta generasi berikutnya.