Logo Bloomberg Technoz

ISIS Klaim Dalangi Penembakan di Moskow, Korban Tewas Jadi 60

News
23 March 2024 10:30

Kebakaran terjadi di Crocus City Hall usai penembakan massal di Moskow. (Sumber: Bloomberg)
Kebakaran terjadi di Crocus City Hall usai penembakan massal di Moskow. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Serangan teror paling mematikan di Moskow dalam lebih dari satu dekade menghancurkan ilusi keamanan yang telah Vladimir Putin pupuk dengan hati-hati selama lebih dari dua tahun sejak ia menginvasi Ukraina.

Sekelompok penyerang bersenjata lengkap dengan senjata otomatis dan bahan peledak menyerbu gedung konser di pinggiran ibukota Rusia pada Jumat (22/03/2024) malam, menewaskan setidaknya 60 orang dan melukai lebih dari 140 orang yang datang untuk menonton pertunjukan grup rock populer Picnic. Kebakaran besar terjadi setelah ledakan, menyebabkan sebagian atap runtuh di Crocus City Hall yang luas.  Menurut kantor berita pemerintah RIA, operasi pengejaran sedang dilakukan untuk para tersangka yang melarikan diri menggunakan mobil.

ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu di saluran Telegram, menurut Associated Press, tetapi hal itu tidak dapat dikonfirmasi secara independen. Dinas Keamanan Federal Rusia mengatakan awal bulan ini bahwa mereka mencegah serangan terhadap sinagoga Moskow oleh apa yang disebutnya cabang Afghanistan dari ISIS, lapor Interfax.

Serangan berdarah di ibu kota pada Jumat adalah kemunduran ke periode awal pemerintahan Putin selama seperempat abad, ketika serangan bom bunuh diri, yang sebagian besar dituduh dilakukan oleh kelompok ekstremis Islam dari Rusia atau negara tetangganya, menewaskan puluhan orang. Korban tewas adalah yang terburuk di ibu kota sejak dua serangan bom bunuh diri di stasiun metro Moskow yang menewaskan sedikitnya 40 orang pada 2010. Kelompok ekstremis Islam menargetkan Rusia dengan dalih kebijakan anti-Muslim yang dikeluarkan oleh Kremlin.