Logo Bloomberg Technoz

Intip Harga Pesawat Boeing dan Airbus, Mana yang Lebih Mahal?

Redaksi
23 March 2024 10:00

Plastik menutupi area sumbat badan pesawat Alaska Airlines Penerbangan 1282 Boeing 737-9 MAX pada 7 Januari. (Dok: Bloomberg)
Plastik menutupi area sumbat badan pesawat Alaska Airlines Penerbangan 1282 Boeing 737-9 MAX pada 7 Januari. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dalam industri penerbangan, Boeing dan Airbus telah lama menjadi dua nama besar yang mendominasi pasar. Kedua perusahaan ini bersaing untuk mendapatkan perhatian produsen pesawat dan maskapai penerbangan di seluruh dunia. Namun, pertanyaan yang sering diajukan adalah, mana yang lebih mahal, pesawat Boeing atau Airbus? Mari kita teliti lebih lanjut.

Meskipun pada dasarnya memiliki kesamaan, perbedaan antara Airbus dan Boeing dapat dengan mudah dikenali melalui pengamatan yang lebih seksama terhadap bentuk dan karakteristiknya.

Sejarah Singkat Boeing dan Airbus

Menurut informasi yang diambil dari Jurnal Perhubungan Udara: Persaingan Airbus dan Boeing di Industri Jasa Angkutan Udara Indonesia oleh Minda Mora, Airbus merupakan produsen pesawat komersial yang berbasis di Tolouse, Prancis.

Didirikan pada tahun 1969, pesawat Airbus dirancang oleh negara-negara Eropa sebagai upaya untuk bersaing dengan produsen pesawat besar asal Amerika Serikat, seperti Mc. Donnel Douglas, Lockheed Marting, dan Boeing.