Logo Bloomberg Technoz

Kadin Sebut Hasil Pemilu Jadi Panduan Formal Bagi Dunia Usaha

Mis Fransiska Dewi
22 March 2024 16:00

Plh KetumKadin Indonesia, Yukki Nugrahawan saat diskusi Economic Outlook Bloomberg Technoz, Rabu (7/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Plh KetumKadin Indonesia, Yukki Nugrahawan saat diskusi Economic Outlook Bloomberg Technoz, Rabu (7/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyebut bahwa penetapan hasil Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi panduan formal bagi dunia usaha. Dimana, stabilitas politik disebut menjadi dasar bagi pertumbuhan ekonomi dan geliat usaha. 

"Penetapan resmi dari KPU akan hasil pemilu yang telah diumumkan menjadi panduan formal bagi dunia usaha untuk melakukan kalkulasi ekspansi bisnis," ungkap Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum Kadin Indonesia Yukki Nugrahawan Hanafi dikutip, Jumat (22/3/2024). 

Oleh karena itu, Yukki berharap proses transisi masa kepemimpinan dapat berlangsung kondusif hingga Oktober mendatang. 

Selain itu, kelanjutan transisi pemerintah, Kadin menggarisbawahi agar tercapainya visi Indonesia Emas 2045 yang menempatkan Indonesia sebagai negara maju pada tahun 2045 dan keluar dari jebakan negara kelas menengah (middle-income trap). 

Dalam mencapai visi ini, Kadin juga turut mendorong kontribusi pemerintah di sektor strategis seperti ketahanan pangan dan kesehatan, digitalisasi dan manufaktur berbasis teknologi, peningkatan akses pendidikan untuk kualitas SDM yang unggul, serta mendorong transisi pembangunan yang berkelanjutan.