Logo Bloomberg Technoz

Dampak Isu Boeing, Kemenhub Minta Maskapai Optimalisasi Rute

Pramesti Regita Cindy
22 March 2024 12:15

Badan Pesawat Boeing yang tengah dirakit. (Dok: Bloomberg)
Badan Pesawat Boeing yang tengah dirakit. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta perusahaan maskapai di Indonesia untuk melakukan optimalisasi rute penerbangan. Hal ini disampaikan sebagai langkah antisipasi meluasnya krisis kepercayaan dan terlambatnya produksi pabrikan pesawat asal Amerika Serikat, Boeing.

"Untuk saat ini kami mengoptimalkan pesawat yang ada dengan melakukan pengelolaan rute yang seoptimal mungkin untuk dapat menangkap demand penumpang di Indonesia," jelas Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati kepada Bloomberg Technoz, Jumat (22/4/2024).

Menurut dia, isu keselamatan pada Pesawat Boeing turut berdampak pada industri penerbangan di Indonesia. Salah satunya, kata dia, sejumlah maskapai mulai mengalami kesulitan mendapatkan suplai dan suku cadang Boeing.

Kemenhub juga akan membahas bersama dengan sejumlah kementerian, lembaga negara, dan maskapai tentang dampak jangka menengah dan jangka panjang dari isu Boeing. Hal ini berkaitan dengan potensi pemberian insentif atau fasilitas kepada maskapai.

"Harus dibahas bersama, tidak bisa diputuskan sendiri oleh Kemenhub," ujar Adita.

Boeing.