Logo Bloomberg Technoz

Asing Tarik Dana dari Surat Utang RI, Khawatir Makan Siang Gratis

News
21 March 2024 16:00

Capres Prabowo Subianto usai penetapan hasil Pemilu 2024 di Jalan Kertanegara, Jakarta, Rabu (20/3/2024). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Capres Prabowo Subianto usai penetapan hasil Pemilu 2024 di Jalan Kertanegara, Jakarta, Rabu (20/3/2024). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Marcus Wong - Bloomberg News

Bloomberg, Investor internasional menjadi ragu-ragu terhadap obligasi Indonesia karena janji Pemilu telah memicu kekhawatiran anggaran yang meningkat dan kemungkinan pemborosan anggaran.

Dana global telah menarik US$1,1 miliar dari obligasi Indonesia sejak pemungutan suara ditutup pada 14 Februari, dengan arus keluar obligasi asing bersih dalam 16 dari 20 hari sejak itu. Negara-negara di kawasan regional seperti Korea Selatan dan India mengalami arus masuk dana asing, sementara Thailand hanya mengalami arus keluar sebesar US$502 juta pada periode yang sama.

Janji-janji pemilihan Presiden Prabowo Subianto yang akan datang--seperti rencana untuk memberikan makan siang dan susu gratis kepada lebih dari 80 juta anak--telah membuat para investor khawatir, meskipun ia telah berjanji untuk mempertahankan disiplin fiskal. Pengeluaran Prabowo bisa mencapai Rp460 triliun (US$29 miliar), lebih besar dari seluruh defisit anggaran tahun 2023.

Para investor yang berfokus pada pasar negara berkembang dan hedge fund telah "mengungkapkan kekhawatiran mereka atas potensi pelonggaran fiskal oleh pemerintah baru yang akan datang karena mereka menjanjikan program makan siang gratis selama kampanye mereka tanpa perincian tentang bagaimana program tersebut akan dibiayai," tulis Danny Suwanapruti, pakar strategi Goldman Sachs, dalam sebuah catatan minggu lalu.

Arus keluar dana asing dari obligasi Indonesia (Dok: Bloomberg)