Logo Bloomberg Technoz

Thuong, yang berusia 53 tahun, dipilih untuk jabatan itu oleh parlemen pada Maret 2023 setelah pendahulunya mengundurkan diri selama penyelidikan korupsi yang meluas.

Thuong bukanlah satu-satunya yang pergi. Menurut pernyataan resmi, Hoang Thi Thuy Lan, anggota Komite Pusat partai, dikeluarkan dari partai karena melanggar peraturan. Dalam pernyataan lain yang dirilis pemerintah, Lan ditangkap awal bulan ini karena diduga menerima suap.

Perombakan ini menunjukkan pembaruan spekulasi tentang suksesi politik Vietnam, terutama setelah Ketua Partai Trong dirawat di rumah sakit pada bulan Januari. Belum jelas siapa yang akan diusulkan partai jika terjadi pergantian kekuasaan menjelang kongres partai berikutnya pada 2026.

Sentimen Investor

Volume perdagangan di bursa saham utama Vietnam telah melonjak minggu ini di tengah spekulasi bahwa Thuong bisa meninggalkan jabatannya.

"Sentimen investor rapuh mengingat ketidakpastian yang meningkat" tentang arah kebijakan, tulis Hoang Viet Phuong, kepala riset dan penasehat di SSI Securities Corp, dalam catatan minggu ini sebelum pengunduran diri diumumkan.

Kepulangan Thuong terjadi ketika pemerintah meningkatkan upaya untuk membersihkan kesalahan di antara pimpinan senior. Awal bulan ini, polisi menangkap tiga pejabat partai provinsi senior karena diduga menerima suap yang melibatkan dua perusahaan properti.

Thuong telah menjadi bintang yang bersinar di Partai Komunis dan dianggap oleh analis sebagai calon yang potensial untuk menggantikan Trong. Sebelum itu, ia adalah anggota tetap termuda dari Sekretariat Komite Pusat dan telah menduduki kursi terdepan dalam strategi kebijakan luar negeri partai, termasuk menjadi bagian dari pertemuan penting dengan Presiden AS Joe Biden dan mitra sejawatnya dari China, Xi Jinping.

Pertemuan Biden dan Xi

Selama masa kepresidenan Thuong yang singkat, ia mendorong pendekatan yang lebih inklusif terhadap investasi asing dan kemitraan keamanan, memanfaatkan daya tarik Vietnam sebagai tujuan bagi perusahaan yang mempertimbangkan diversifikasi investasi regional di luar China.

Pada September, ia bertemu dengan Biden di Hanoi, di mana kedua negara secara resmi meningkatkan hubungan menjadi kemitraan strategis komprehensif. Thuong juga secara pribadi mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengunjungi Vietnam, dan bertemu dengan Xi Jinping pada Desember.

Pemerintah yang Thuong bantu awasi mendorong penjualan saham lebih banyak untuk menguatkan pasar saham, dan mendorong meningkatkan kredit untuk mendukung ekspansi ekonomi sebesar 6% tahun ini. Vietnam juga telah memperluas kampanye mereka untuk mengatasi korupsi di seluruh perekonomian, melibatkan ratusan pejabat dan eksekutif perusahaan dalam proses tersebut.

(bbn)

No more pages