Logo Bloomberg Technoz

Bank Sentral China Turunkan GWM, Bank Belum Turunkan Bunga Kredit

News
20 March 2023 10:49

Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)
Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg - Kebijakan Bank Sentral China atau People Bank of China (PBOC) memangkas Giro Wajib Minimum (GWM) pekan lalu belum direspons perbankan. Namun ekonomi memprediksi bunga kredit akan turun dalam beberapa bulan mendatang.

Pada Senin (20/3/2023), perbankan China telah mempertahankan suku bunga dasar kredit atau loan prime rate (SBDK) satu tahun sekitar 3,65% dan SBDK 5 tahun yang jadi acuan kredit perumahan tetap stabil di 4,3%, menurut laporan PBOC.

Pekan lalu, PBOC membuat kejutan dengan memangkas reserve requirement ratio atau GWM 25 bps menjadi 10,75%. Ini memberikan ruang bagi perbankan untuk menurunkan suku bunga kredit.

Suku bunga dasar (SBDK) perbankan China yang tidak berubah banyak dalam 6 bulan terakhir (Bloomberg)

GWM adalah dana yang wajib di parkir bank di bank sentral yang diukur dari dana pihak ketiga (DPK). GWM dapat mempengaruhi likuiditas sehingga dapat mempengaruhi suku bunga dan kapasitas penyaluran kredit bank.

UBS Group AG memprediksi perbankan China kemungkinkan menurunkan SBDK 10 bps pada tahun 2023 dan biya membantu menurunkan biaya dana sebenarnya bagi ekonomi riil dan suku bunga properti.