Logo Bloomberg Technoz

Patek Phillipe Milik Kaisar China Akan Dilelang Ratusan Miliar

News
16 March 2023 20:06

Aisin-Gioro Puyi, kaisar terakhir dinasti Qing China (Sumber: Bloomberg)
Aisin-Gioro Puyi, kaisar terakhir dinasti Qing China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Sebuah arloji mewah merek Patek Philippe yang pernah dimiliki oleh kaisar terakhir dinasti Qing China akan dilelang akhir tahun ini. Harga benda bersejarah yang dipakainya selama lima tahun saat menjadi tawanan Soviet di Siberia itu diperkirakan bisa mencapai US$ 1 juta hingga US$ 10 juta dolar (Rp 15 miliar—Rp 150 miliar).

Pada 1908, Aisin-Gioro Puyi dinobatkan sebagai kaisar saat dia belum genap berusia tiga tahun. Namun, Revolusi China yang terjadi pada 1912 membuatnya harus melepaskan takhtanya. Saat itu, Puyi diperbolehkan untuk mempertahankan gelar dan kehidupan mewahnya, hingga pada 1924 dia harus melarikan diri akibat kudeta.

Tidak diketahui kapan dan bagaimana Puyi memperoleh jam tangan tersebut. Namun, koleksi yang diselesaikan Patek Philippe pada 1937 itu diyakini diperolehnya antara 1934—1945 ketika dia menjadi kaisar boneka Manchuria Jepang.

Pada akhir Perang Dunia II, Soviet menawan Puyi saat dia mencoba melarikan diri dari Manchuria dan menjadikannya tawanan selama lima tahun. Meski begitu, dia tetap menjaga jam tangan kesayangannya sepanjang hidupnya, termasuk saat menjadi tawanan.