Logo Bloomberg Technoz

Jaga Momentum Pemulihan, China Pangkas GWM Bank

News
17 March 2023 18:46

Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)
Gedung People's Bank of China (PBOC) di Beijing. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg- China memutuskan memangkas reserve requirement ratio atau Giro Wajib Minimum (GWM), dalam upaya memacu pertumbuhan kredit dan memperkuat pemulihan ekonomi dari dampak pembatasan pandemi dan kemerosotan pasar properti.

People Bank of China (PBOC) memangkas GWM untuk hampir semua bank sebesar 25 bps. Kebijakan ini berlaku efektif mulai 27 Maret, kata bank sentral dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat. PBOC terakhir memotong GWM pada Desember 2022, dengan besaran yang sama.

Ekonom mengatakan pemangkasan GWM bertujuan untuk memastikan tercukupinya likuiditas dalam sistem perbankan untuk mempertahankan laju pinjaman yang cepat terlihat pada Januari dan Februari.

Belanja konsumen dan investasi China pulih dalam dua bulan pertama tahun ini setelah pembatasan pandemi dicabut pada Desember, menurut data resmi baru-baru ini. Namun, pemulihan itu masih dibayangi ketidakpastian, di tengah pengangguran yag masih tinggi, investasi yang properti terus berkontraksi, dan penurunan ekspor yang menekan kinerja industri.