Logo Bloomberg Technoz

Wait and See Kebijakan Bank Sentral, IHSG Berpotensi Mixed

Muhammad Julian Fadli
20 March 2024 08:35

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Rabu 20 Maret 2024, berpotensi bergerak variatif (mixed). Investor menanti sejumlah agenda penting, seperti rapat bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve, dan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI).

Adapun pada perdagangan kemarin, Selasa (19/3/2024), IHSG berhasil terangkat 34,29 poin atau yang setara dengan 0,47% dan menutup perdagangan di 7.336.

Analisis Teknikal IHSG Hari Ini Rabu 20 Maret 2024 (Bloomberg)

Secara teknikal, IHSG berpotensi rebound dan berbalik arah dari area trendline garis putihnya sebagai support kuat 7.300. Dengan menguat menuju resistance pertamanya ke level 7.350–7.380 yang paling potensial, dan resistance selanjutnya 7.400 yang tercermin pada time frame daily. Sementara support psikologis IHSG pada level 7.270 pada MA-50 nya.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari global, dan dalam negeri. Pelaku pasar menanti dengan cermat jelang keputusan The Fed dalam pertemuan Komite Pasar Terbuka (Federal Open Market Committee/FOMC).

The Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunga acuan untuk pertemuan kelima berturut-turut pada Rabu waktu setempat. Bank Sentral juga akan mengumumkan proyeksi dot plot yang menggambarkan arah suku bunga acuan.