Logo Bloomberg Technoz

Pemimpin Oposisi Singapura Didakwa atas Skandal Kebohongan

News
19 March 2024 16:50

Pritam Singh (Dok: Suhaimi Abdullah/Getty Images)
Pritam Singh (Dok: Suhaimi Abdullah/Getty Images)

Philip J. Heijmans - Bloomberg News

Bloomberg, Pemimpin oposisi Singapura Pritam Singh didakwa dengan dua dakwaan di bawah Undang-Undang Parlemen sehubungan dengan skandal kebohongan yang melibatkan seorang mantan anggota parlemen.

Singh didakwa pada Selasa di pengadilan Singapura karena "dengan sengaja memberikan jawaban palsu terhadap pertanyaan-pertanyaan penting" selama pemeriksaan oleh Komite Keistimewaan, menurut sebuah pernyataan dari polisi dan Kejaksaan Agung. Singh, yang mengepalai Partai Buruh yang beroposisi, mengaku tidak bersalah.

Partai Pekerja membuat pencapaian bersejarah dalam pemilihan terakhir pada tahun 2020 ketika mereka memenangkan rekor 10 kursi dan mengamankan dua konstituen perwakilan kelompok. Partai ini telah menempatkan dirinya sebagai pengecekan terhadap Partai Aksi Rakyat yang telah berkuasa sejak kemerdekaan pada tahun 1965.

Pada tahun 2022, sebuah komite parlemen yang beranggotakan para pejabat partai yang berkuasa menemukan bahwa Singh "mengatakan hal yang tidak benar" selama kesaksiannya dalam penyelidikan mantan anggota parlemen Raeesah Khan, yang berbohong di parlemen mengenai kasus pelecehan seksual. Parlemen menyetujui mosi untuk menyerahkan Singh kepada jaksa penuntut untuk kemungkinan dakwaan pidana.